UI Klaim Tetap Sediakan Jalan untuk Masyarakat

26
istimewa

Beji | jurnaldepok.id
Penerapan lintas Universitas Indonesia Prabayar dinilai tidak merugikan masyarakat dan penerapannya masih digodok. Pihak UI juga berencana membuatkan lajur atau jalan untuk masyarakat umum.

Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti mengatakan terkait pro dan kontra rencana penerapan parkir prabayar di Kampus UI pihaknya belum dapat berkomentar banyak terkait hal tersebut.

“Sampai saat ini kami belum bisa memberikan komentar banyak mengenai parkir berbayar,” katanya.

Ia mengakui sampai saat ini pihak UI masih dalam proses pembahasan di pimpinan kampus. Namun ditegaskan tidak ada yang dirugikan dengan kebijakan tersebut.

“Soal masalah parkir, kami belum bisa mengungkapkan karena masih digodok, dan rencananya akan diujicoba pada Senin(15/7) mendatang,” jelasnya.

Dirinya mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir terkait kebijakan tersebut. Ini lantaran pihaknya akan memberikan solusi.

“Semua masalah ini ada solusinya dan UI berusaha tidak akan merugikan mahasiswa maupun civitas yang lain,” ucapnya.

Menurutnya yang terjadi saat ini adalah miss komunikasi saja sehingga muncul gejolak di kalangan mahasiswa. Pihaknya juga belum bisa melakukan sosialisasi terkait hal tersebut sejauh surat keputusan (SK) rektorat belum selesai.

Ditegaskan dia, landasan dasar mengenai kebijakan tersebut berkaitan dengan semangat kampus yang akan menuju Kampus Hijau. Artinya, pembatasan kendaraan yang masuk ke lingkungan kampus pun mutlak dilakukan.

“Ini sebenarnya mahasiswa maupun masyarakat belum tahu karena kami belum sosialisasi dan belum selesai SK-nya kita godok,” terangnya.

Di sisi lain pihaknya juga sambil melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung agar pembatasan kendaraan menjadi lancar dilakukan di lingkungan UI. Mulai dari adanya Bis Kuning, sepeda kuning dan otoped.

“Kami ingin kampus UI tetap hijau, ramah pejalan kaki. Hal itu memang ada perubahan kebijakan. Namun saya tegaskan bahwa tidak akan merugikan civitas dan masyarakat nanti masyarakat ada jalur khusus yang enak, aman dan nyaman,”katanya.

Dia mengatakan, khusus untuk warga yang hanya melintas saja, akan disediakan jalur khusus yang tidak berbayar. Saat ini penyediaan jalur tersebut sudah 100 persen disediakan di Bycicle Outer Ring Road (BORR) Utara sampai Selatan.

“Jadi untuk warga memang sudah disediakan jalur khusus di BORR Utara dan Selatan, dan itu gratis dilewati,”katanya.

Visi UI menjadi Kampus Hijau kata dia sebenarnya sudah lama digaungkan. Dalam rangka mewujudkannya memang diperlukan berbagai persiapan yang berdampak pada perubahan kebijakan.

“Kita perlu komunikasi dalam hal ini untuk memberikan penjelasan sehingga dapat dimengerti,” ucapnya.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here