Rencana Penutupan Jalan Stasiun UI Diprotes

17
istimewa

Beji | jurnaldepok.id
Masyarakat di Kecamatan Beji menolak dan memprotes rencana kebijakan pihak Rektorat Universitas Indonesia yang berencana menutup jalan masuk UI via Jalan Stasiun, Pondokcina.

Salah satu tokoh masyarakat di Kelurahan Pondokcina, Ashari Hasan mengatakan, rencana penutupan jalan Stasiun menuju kampus UI dinilai tidak baik karena jalan tersebut merupakan jalan alternatif warga yang hendak ke Kukusan dan lokasi lainnya.

“Kalau kami tahu jalan stasiun itu dulu merupakan jalan warga dan pas ada UI jalan itu jadi akses ke UI,”katanya.

Dia menambahkan, jika memang akan dilakukan penutupan seyogyanya pihak UI melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Pihak UI sebelum menutup jalan Stasiun Pondokcina sepatutnya UI membangun jalan baru sebagai jalan pengganti jalan Stasiun Pondokcina,”jelas dia.

Sementara itu Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) setempat Munir H Mukri menhatakan, sebenarnya penutupan itu masih dalam perbincangan teman-teman pengurus LPM se-Kecamatan Beji.

“Substansinya bukan masalah berbayarnya dulu tapi yang kita sikapi bahwa UI secara historis harus mengerti dengan masyarakat sekitar. Tapi kalau sekedar hanya lewat harus ada solusinya, jangan ditekan ke pemakai jalan,” terang dia.

Munir berharap, para petinggu UI seyogyanya membuat kebijakan harus melibatkan masyarakat. Apalagi melihat historis, tentunya setiap kebijakan harus diambil secara musyawarah dan mufakat.

“Kembali lagi ayo lihat historis. Kan para pembesar UI yang sekarang tidak tahu historisnya. Meskipun tidak ada bukti-bukti otentik, tapi kita masih memiliki saksi hidup yang bisa bercerita soal UI,”katanya.

Menurut dia, UI tidak harus eksklusif. Saat iniz kampus sudah tidak pernah menerima CSR dalam bentuk apapun, sekarang mau lewat aja susah. Munir menginginkan sejarah yang ada jangan dilupakan.

“Dari sisi LPM sendiri, kami sebagai lembaga pemberdaya pada prinsipnya berbicara kepentingan publik, memperjuangkan kepentingan dan hak masyarakat,” jelas dia.

Sementara itu Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum bisa memberikan komentar banyak mengenai hal tersebut.

“Jika memang ada penutupan jalan tersebut bukan kemauan UI akan tetapi usulan dari PT KAI karena melintasi rel commuterline,” terang dia.nCR-JD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here