Pahami Konsep Pernikahan, Pemkot Gelar Sekolah Pranikah

34
Ketua TP PKK dan Kadis DPAPMK Kota Depok foto bersama dengan peserta Sekolah Pranikah

Laporan: Rahmat Tarmuji
Dalam upaya membantu para remaja memahami dan menyikapi konsep pernikahan, Pemerintah Kota Depok mengadakan Sekolah Pranikah untuk para generasi milenial.

Ketua TP PKK Kota Depok, Hj Elly Farida mengungkapkan pernikahan tidak akan langgeng kalau niat awalnya bukan karena Allah.

“Membangun rumah cinta seindah surga butuh kesiapan knowledge. Jadi kita paham apa menikah bagaimana dan menjalani pernikahan sesuai dengan ilmunya,” ujarnya saat menjadi narasumber Sekolah Pra Nikah angkatan kedua di tahun 2019, Aula Lantai 2 Bank BJB, kemarin.

Ia menamakan, segala sesuatu yang sudah direncanakan dengan baik hasilnya juga akan lebih baik

“Mereka harus dibekali pemahaman yang utuh, hal itu tak lain agar mereka memiliki bekal dalam berumah tangga,” paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, melalui Sekolah Pranikah untuk membekali generasi milenial menjalani pernikahan yang tangguh.

“Selain itu juga agar remaja menghindari sex pra nikah maupun menghindari terjadinya pernikahan dini. Kami juga ingin memberikan pemahaman mengenai delapan fungsi keluarga, membekali remaja dengan kecakapan hidup, membantu penyiapan kehidupanan berkelanjutan dan terencana bagi remaja dalam menempuh jenjang pendidikan, dan menikah,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, banyak hal yang terjadi dalam masa pernikahan dan itu membutuhkan kedewasaan dalam berpikir dan bersikap. Karena itu dibutuhkan kemampuan menyelesaikan permasalahan dengan baik.

Dikatakannya, salah satu kunci keberhasilan dalam pernikahan yang tidak boleh dilupakan yakni komunikasi antara suami dan istri.

“Kami juga berharap para peserta Sekolah Pranikah dapat memberikan informasi mengenai sekolah ini melalui media sosial yang dimilikinya. Dengan begitu, semakin banyak remaja yang mendapatkan edukasi terkait Sekolah Pranikah,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here