Ternyata Ini Penyebab Silpa Rp 765 Miliar

128
Mohammad Idris

Sawangan | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris menanggapi besarnya sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) APBD Tahun Anggaran 2018 yang tembus di angka Rp 765.645.486.751,55. Ia mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan silpa masih membengkak.

“Efisiensi itu paling dikit, yang paling banyak diantaranya adalah tentang pencairan anggaran hibah dari DKI yang di akhir tahun, kami tidak bisa menyerapnya karena memang kegiatan fisik atau infrastruktur membutuhkan waktu kurang dari tiga bulan,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ketika diberikan di bulan Oktober, sambungnya, sulit untuk direalisasikan lelang maupun realisasi pembangunannya.

“Selain itu system BLUD baik RSUD dan puskesmas hanya laporan keuangan dari BLUD tapi masuk kedalam laporan kas, makanya sifatnya menjadi silpa, karena segala belanja dan lainnya menjadi otoritas dari Direktur RSUD dan kepala puskesmas,” paparnya.

Idris mengungkapkan, daya serap berupa kegiatan pada tahun 2018 lalu mencapai 90 persen lebih.

“Kalau keuangan memang dibawah 70 persen, sehingga kalau ditotal mencapai 83 persen. Itu sudah dinilai baik oleh Kementerian Dalam Negeri, jadi ditotal antara infrastruktur kegiatan dan keuangan,” jelasnya.

Namun begitu, Idris tidak mau menilai secara langsung atas kinerja dari pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di bawahnya.

“Yang menilai bukan kami sendiri, kalau kami yang menilai nanti jadi subjektif. Ini sudah dinilai baik LPP dan laporan keuangannya oleh pemerintah pusat, silahkan diperiksa lagi, kalau ada perbedaan presepsi berarti ada perbedaan metedologi penghitungan keuangan,” katanya.

Sebelumnya beberapa fraksi di DPRD Depok mengkritisi sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) APBD Tahun Anggaran 2018 yang tembus di angka Rp 765.645.486.751,55. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun anggaran sebelumnya yang mencapai Rp 719.099.559.520,98. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here