Idris-Pradi Bakal Nenteng Rantang Di ‘Lebaran Orang Depok’

285
Mohammad Idris-Pradi Supriatna

Sawangan | jurnaldepok.id
Besok masyarakat Depok bakal berbondong-bondong menghadiri hajatan besar bertajuk ‘Lebaran Orang Depok’ yang dipusatkan di area Perumahan Sawangan Village, Jalan Raya Muchtar Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan.

Lokasi itu nantinya bakal disulap menjadi tempat ngumpulnya orang-orang Depok yang kangen dengan suasana Depok tempo doeloe.

Guna memanjakan para pengunjung agar betah berlama-lama di lokasi acara, pihak panitia Lebaran Depok yang diketuai Lurah Bedahan, Sudadih juga menyediakan seabreg hiburan menarik, di antaranya karnaval budaya, pentas musik gambang kromong, tarian tradisional, atraksi silat, penampilan artis-artis Betawi Depok, rampak bedug, lenong bocah, kemidi putar, pemutaran film layar tancep dan pesta kembang api.

“Yang paling menarik adalah dihidupkannya kembali kebiasaan masyarakat Depok tempo doeloe, yaitu tradisi rantangan,” ujar Sudadih melalui Wakil Sekretaris Umum Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD), Amiruddin, Kamis (4/7).

Menurutnya, tradisi tukeran isi rantang ini mengajarkan nilai-nilai kearifan lokal, betapa pentingnya berbagi, tidak hanya ke saudara dekat, tetapi juga ke tetangga.

Di moment rantangan ini Walikota dan Walikota Depok akan berbaur bersama seluruh lapisan masyarakat Depok. Akan dibentangkan tikar atau alas besar sebagai tempat ‘ngedeprok’ dan makan bersama dalam suasana ceria yang penuh keakraban.

Dalam rundown acara Walikota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, akan hadir pada Sabtu dan Minggu (6-7/7/2019).

“Di hari Sabtu Kiai Idris dan Bang Pradi akan hadir pukul 19.00 untuk menyimak tausyiah yang disampaikan oleh dua penceramah kondang yang merupakan bocah asli Depok,” paparnya.

Kemudian, lanjutnya, di hari minggunya, Idris dan Pradi akan hadir pada pukul 07.30, sambil menenteng rantang susun. Kehadirannya diiringi alunan musik Tanjidor serta disambut atraksi sejumlah pesilat yang berebut dangdang.

Pada pukul 10.00, kedua pemimpin Depok ini menyempatkan diri untuk melihat langsung prosesi pelantikan pengurus KOOD Kecamatan Limo dan Kecamatan Cinere.

“Setelah itu, Walikota Depok secara resmi membuka acara Lebaran Depok, yang dilanjutkan meninjau lapak-lapak UMKM yang menyediakan berbagai produk dan kuliner khas Betawi Depok,” terangnya.

Puncaknya, kata dia, adalah rantangan. Di moment ini Walikota, Wakil Walikota, Forkopimda dan Forkopimka, menggelar rantangan. Saling tukar isi rantang dan makan bersama.

“Sajian hiburan lenong bocah dan musik gambang kromong akan melengkapi nikmatnya santap siang bersama di hari Lebaran Orang Depok,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here