Pembunuh Purnawirawan TNI Jalani 23 Adegan

50
BS, pembunuh purnawirawan TNI saat menjalani pra rekonstruksi yang digelar Polresta Depok

Limo | jurnaldepok.id
Anggota Satreskim Polresta Depok menggelar pra rekontruksi kasus perampokan dan pembunuhan terhadap Kolonel (Purn) Reinhard Parerungan di rumahnya Jalan Artayasa RT.03/05, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, pada Selasa (2/7) siang.

Reinhard Parerungan purnawirawan Marinir TNI AL (70) pada Minggu (30/6) malam ditemukan tewas dirumahnya di Jalan Artayasa di RT 03/05 Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo.

Tersangka BS (26), warga Sukabumi dijaga ketat oleh anggota Tiger Reskrim Polresta Depok dengan bersenjata lengkap datang ke lokasi TKP. Hal ini bertujuan untuk menjaga tindakan tidak diinginkan dari keluarga korban saat sedang melakukan rekonstruksi.

Kasubag Humas Polresta AKP Firdaus kepada wartawan mengatakan satu persatu adegan dari total 23 adegan rekonstruksi dilakukan tersangka.

Dari prarekontruksi yang dilakukan, tersangka BS memperagakan mulai dari bagaimana cara masuk ke dalam pekarangan rumah sampai hingga menghabisi korban dalam kamar tidurnya sendiri.

“Pelaku beraksi tunggal seorang diri masuk kedalam rumah dengan manjat pagar rumah tanpa bantuan tangga,” ujarnya.

Setelah itu lanjut Firdaus, pelaku langsung masuk ke dalam kamar korban sambil membawa linggis. Saat sedang tidur, dari arah belakang pelaku memukul korban sebanyak tiga kali di bagian kepala. Setelah itu ditinggali pelaku hingga meninggal dunia tergeletak di kamar mandi.

“Setelah korban tak berdaya, pelaku langsung menjarah barang elektronik korban berupa hp dan Laptop tergeletak di meja dalam ruang tamu berbeda ruangan dengan kamar tidur korban,” terangnya.

Dari hasil pengamatan reka adegan, pihak kepolisian menduga jika pelaku sudah merencanakan niat jahatnya tersebut.

“Melihat tiap adegan yang diperagakan pelaku ada dugaan niat awal korban juga membunuh korban,” tambahnya.

Tak kurang dari 24 jam, pelaku berhasil dibekuk oleh Tim Polresta Depok di Sukabumi.

Saat hendak diciduk, pelaku mencoba melarikan diri sehingga aparat kepolisian melakukan tindakan tegas. BS pelaku terduga pembunuh purnawirawan Marinir TNI AL Reinhard Parerungan terpaksa ditembak kakinya di bagian kiri.

“Ya pelaku kami tembak kakinya karena berontak dan melawan petugas saat diamankan,” kata Kapolresta Depok Didik Sugiarto.

Dia mengatakan setelah ada kabar pembunuhan tersebut anggotanya langsung melakukan koordinasi dan akhirnya pengejaran mengarah terhadap pelaku BS.

“Pelaku berinisial BS, ditangkap oleh anggota kita di tempat persembunyiannya di daerah Kampung Cibokor RT 04/01 Desa Bencoy Sukabumi, Jawa Barat”katanya.

Dari lokasi persembunyiannya petugas menemukan barang-barang milik korban seperti laptop, HP, print portabel yang dibawa kabur pelaku. Pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui motif pembunuhan tersebut.

Atas perbuatannya pelaku diancam dengan Pasal 365 yo 338 dengan ancaman pidana diatas 10 tahun penjara.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here