Jembatan Amblas, Macet Di Jalan Raya Sawangan Makin Gila

83
Kondisi arus lalu lintas di Jalan Raya Sawangan macet parah saat akhir pekan kemarin.

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Meningkatnya jumlah kendaraan yang tidak diimbangi dengan perluasan bidang jalan membuat kemacetan lalu lintas di Jalan Raya Sawangan mulai dari pertigaan pasar Depok lama di Kecamatan Pancoran Mas, hingga pertigaan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari semakin parah. Terlebih saat ini ada perbaikan Jembatan Mampang yang putus sejak beberapa hari lalu.

Sauki, salah satu pengguna jalan mengaku sangat tidak nyaman saat melintas dijalur jalan raya Sawangan lantaran banyak titik kemacetan dijalur tersebut.

“Kalau dulu waktu tempuh dari pertigaan Bojongsari hingga pasar Depok lama di kawasan Pancoran hanya setengah jam, tapi sekarang bisa sampai dua jam lebih, ” keluh Sauki.

Dikatakan Sauki, meski sudah berupaya mencari jalan alternatif diperkampungan, tapi tetap saja terjebak kemacetan lantaran banyak juga pengguna jalan yang menggunakan jalan alternatif.

“Sekarang jalan alternatif diperkampungan juga macet, kalau begini terus harusnya gimana, ” kata Sauki.

Keluhan yang sama dilontarkan, Mansur salah satu warga Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas.

Dia mengaku setiap hari terjebak kemacetan dijalur Sawangan raya saat hendak menuju tempat bekerja dikawasan Ciputat.

“Saya biasa menggunakan jalan raya Sawangan kalau pergi dan pulang kerja, karena jalur ini tidak sepi tapi sekarang terkadang saya terpaksa mencari jalan pintas lewat Cinangka untuk menghindari kemacetan dipertigaan Parung Bingung, Tugu Sawangan, pasar Kemiri, dan pertigaan Pengasinan, Sawangan, ” papar Zulkarnain.

Dia berharap, untuk mengurangi kemacetan, akan ada kebijakan Pemerintah untuk memperlebar bidang jalan karena menurutnya hanya itu yang bisa mengatasi kemacetan dijalur tersebut.

“Mudah mudahan nanti pemerintah melebarkan bidang jalan menjadi dua kali lipat dari lebar ruas jalan sekarang, sehingga kemacetan bisa berkurang, ” tukas Mansur.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengungkapkan, kondisi Jalan Raya Sawangan pada, Minggu (30/6) macet parah.

“Kondisi Jalan Raya Sawangan dari pagi sangat padat dan cenderung stag, disamping volume kendaraan yang tinggi, juga dilakukan buka tutup jalan di Simpang Kodim karena ada perbaikan jembatan,” jelasnya

Agar kemacetan tidak bertambah parah, pihaknya menerjunkan anggotanya yang dibantu polisi lalu lintas. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here