PDAM Segera Revitalisasi Pipa Jalan Raya Sawangan

45
Suasana rapat koordinasi yang digelar PDAM Tirta Asasta jelang revitalisasi pipa di jalur Raya Sawangan

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat khusunya pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok akan melakukan peremajaan pipa sepanjang 1.947 meter yang berada di Jalan Raya Sawangan.

“Sebelum melakukan pekerjaan lapangan kami melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan intansi terkait seperti kepolisian, TNI, Dishub, PUPR termasuk pelaksana proyek dan konsultan,” ujar Supendi, Direktur Operasionl PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Selasa (25/6).

Ia menambahkan, revitalisasi jaringan dirasa perlu mengingat pipa di jalur tersebut sudah tua dan banyak yang bocor. Selain itu, kedalamannya pun akan dimaksimalkan karena hal tersebut berdampak pada pasokan air ke pelanggan.

“Pipa yang lama akan diganti dengan yang baru, dimana diameternya lebih besar yakni 400 inci. Pemasangn mulai dari Pospol Dewi Sartika hingga perempatan Mampang Jalan Pramuka atau simpang Kodim,” paparnya.

Nantinya, kata dia, pipa tersebut akan disambungkan dengan pipa eksisting milik PDAM. Mengingat Jalan Raya Sawangan merupakan jalan padat kendaraan, Supendi menekankan kepada pihak pelaksana agar betul-betul melakukan pekerjaan dengan baik dan rapih.

Hal senada juga ungkapkan oleh Manager Pembangunan PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Sudirman. Pihaknya meminta pelaksana peroyek agar meminimalisir tumpukan tanah galian di bahu jalan.

“Tanah-tanah galian jangan sampai berceceran di jalan. Kami terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terlebih pengguna jalan. Proyek pengerjaan baru kami mulai ketika kelengkapan material sudah terpenuhi,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya akan memasang spanduk sosialisasi di beberapa titik termasuk di setiap pit boring.

“Nanti di setiap pit boring ada pengamannya. Untuk diameter pipa yang dipasang terdiri dari pipa 400 inci dan 100 inci. Adapun nilai kontraknya mencapai Rp 6,9 miliar. Peremajaan pipa itu untuk wilayah Pancoran Mas, Limo dan Sawangan,” terangnya.

Perwakilan Dinas Perhubungan Kota Depok, Sukmara mengungkapkan, bahwasanya Jalan Raya Sawangan merupakan jalan yang padat dengan kendaraan. Dari itu ia berharap peroyek yang rencananya akan dimulai di awal bulan depan dapat dilaksanakan dengan baik.

“Perlu ditambah rambu-rambu keselamatan baik untuk pengguna jalan dan para pekerja. Di jalur itu ada beberapa persimpangan yang rawan kemacetan seperti Tanah Baru, Poin Mas dan Simpang Kodim,” jelasnya.

Namun begitu, Sukmara berjanji akan membantu kelancaran arus lalulintas dengan menurunkan anggotanya lebih banyak lagi di jalur tersebut.

Sementara itu perwakilan dari Dinas PUPR Kota Depok, Agus Sofan bakal mengawasi pekerjaan hingga selesai.

“Selama dua tahun kami melakukan pengawasan terhadap proyek PDAM, kami juga melakukan evaluasi. Selama ini sudah berjalan baik, namun tetap harus dilakukan pengawasan, terlebih di setiap akhir pekerjaan. Tanah galian juga harus dikarungkan dan ditata lebih rapih,” ungkapnya.

Pernyataan tersebut diungkapkan pada saat rapat koordinasi yang digelar PDAM dengan stakeholder. Rapat tersebut juga dihadiri oleh PT Muara Konsul sebagai konsultan dan PT Mandala sebagai pelaksana proyek. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here