Tak Patuhi Aturan, Pendatang Baru Bakal Kena Sanksi

21
ist

Beji | jurnaldepok.id
Lurah Pondokcina, Kecamatan Beji, Bahrudin mengimbau semua pendatang baru di Kelurahan Pondokcina melapor kepada ketua RT dan RW setempat. Hal tersebut dimaksud untuk memudahkan pendataan dan pengawasan terhadap pendatang baru.

“Kami minta ke seluruh warga pendatang untuk melapor ke ketua RT dan RW. Sebab upaya ini sebagai wujud ketertiban administrasi kependudukan,” jelas Bahrudin, Rabu (12/6).

Pihaknya juga mengingatkan kepada RT dan RW setempat untuk rutin melakukan pemantauan dan mengecek secara langsung warga pendatang baru. Jika nantinya ada warga pendatang baru, selanjutnya dia meminta untuk mengurus administrasi sebagai salah satu cara mengetahui data mereka.

Dikatakannya, kelurahan juga akan melakukan pendataan langsung ke masyarakat. Agar data masyarakat dapat tertata dan terpantau dengan baik.

“Pendataan dan pemantauan harus dilakukan agar pasca Lebaran ini tidak terdapat pendatang liar tanpa tujuan dan pekerjaan yang menunjang kehidupan mereka. Karena hanya menjadi beban masyarakat,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Depok Diarmansyah menambahkan, Pemerintah Kota Depok akan memberikan sanksi pendatang yang kedapatan tidak membuat KTP setelah sebulan menetap di wilayah tersebut.

“Apabila ada yang melanggar setelah sebulan datang ke Depok, tetapi tidak memiliki KTP akan ditipiring dan diminta membuat SKTT (Surat Keterangan Tempat Tinggal),” ucap dia.

Pihaknya akan terus memantau aktivitas pendatang dan melakukan operasi yustisi pada Juli 2019. “Operasi yustisi baru diadakan tahun ini dan dinilai kurang efisien pendataannya. Kebanyakan mereka tidak turun di terminal kembali, jadi pendataannya susah. Kami akan mulai data kembali pada Juli mendatang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pendatang wajib melaporkan diri ke RT dan RW untuk mendapat surat pengantar pembuatan SKTT di kelurahan. “Masa berlaku SKTT itu hanya enam bulan. Apabila lewat dari waktu tersebut, Pemkot Depok tidak segan-segan mendeportasinya,” katanya.nCR-JD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here