Lebaran, 872 Warga Binaan Dapat Remisi

9
Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas II B Kota Depok, Bawono Ika Sutomo saat melepas warga binaan yang mendapat remisi

Cilodong | jurnaldepok.id
Hari Raya Idul Fitri jadi momen membahagiakan bagi 872 warga binaan Rutan Kelas II B Depok. Sebab, mereka baru saja mendapat remisi tahanan. Bahkan, 14 di antaranya bebas karena remisi tersebut.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas II B Kota Depok, Bawono Ika Sutomo mengatakan, dari 1.208 warga binaan, sebanyak 872 orang mendapatkan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1440.H.

Di menjelaskan, remisi pemotongan tahanan diberikan beragam. Ada yang hanya satu minggu, dan juga ada yang langsung bebas karena remisi.
“Ratusan nama narapidana itu telah diajukan kepada Kementerian Hukum dan HAM, sebagai pihak yang berwenang mengabulkan atau menolak usulan remisi tersebut,” jelas dia.

Bawono menjelaskan, usulan diajukan untuk napi yang dianggap telah memenuhi syarat, di antaranya berkelakuan baik dan telah menjalani pidana minimal enam bulan penjara. “Yang memutuskan itu Kemenkumham, kami hanya mengusulkan saja berdasarkan syarat yang telah ditetapkan negara,” terang Bawono.

Bawono juga berpesan, kepada 14 narapidana yang mendapatkan remisi bebas langsung agar pelajaran yang didapat selama menjalani masa tahanan, bisa menjadi bekal kehidupan selanjutnya. “Apa yang didapat selama menjalani masa tahanan silahkan dibawa, yang positif dibawa dan yang negatif ditinggalkan,” harap dia.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here