Besaran Zakat Fitrah Ditetapkan Rp 35 Ribu

77
ist

Margonda | jurnaldepok.id
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok telah mengeluarkan surat keputusan terkait besaran zakat yang harus dibayarkan dalam bentuk uang maupun beras oleh masyarakat.

Ketika dikonfirmasi Ketua Baznas Kota Depok, KH Encep Hidayat mengungkapkan, hal itu memperhatikan hasil keputusan rapat koordinasi penetapan besaran nilai Zakat Fitrah 1440 H/2019 M yang dihadiri Pimpinan Baznas Kota Depok, Kementerian Agama Kota Depok, Sekretariat Daerah Kota Depok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok dan Pengurus MUI Kota Depok pada, 04 Ramadhan 1440 H atau 9 Mei 2019 yang bertempat di Ruang Rapat Asisten Pemerintahan dan Kesos Lantai IV, Setda Kota Depok.

“Di situ diputuskan bahwa standar harga beras untuk Zakat Fitrah tahun 1440H/2019 M, sebesar Rp 14.000/Kg sehingga per jiwa berkewajiban membayar Zakat Fitrah sebanyak 2,5 Kg atau 3,5 Liter beras atau berupa uang sebesar Rp 35.000,” ujar Encep kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, bagi muslim yang mengkonsumsi beras di atas atau di bawah harga standar pada ketetapan kesatu (1) dapat menyesuaikan.

“Zakat Fitrah dapat dikelola oleh Badan Amil Zakat atau Unit Pengumpul Zakat yang dibentuk oleh Baznas, kemudian Zakat Fitrah ditunaikan paling lambat sebelum pelaksanaan Sholat Idhul Fitri,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, penerima manfaat zakat fitrah hanya ashnaf zakat yaitu delapan golongan yang disebutkan dalam Q.S. At Taubah : 60.

“Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila dikemudian hari dipandang perlu akan diadakan perubahan/perbaikan sebagaimana mestinya,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here