Selama Pemilu 4 Petugas Meninggal Dunia Dan 19 Sakit

3
Nana Shobarna

Margonda | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok hingga kemarin mencatat sebanyak empat petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia dan 19 petugas lainnya harus dilarikan ke rumah sakit lantaran kelelahan dalam menjalankan tugas rekapitulasi perolehan suara ditingkat TPS.

“Ada empat petugas KPPS yang meninggal dunia, mereka merupakan bagian dari kami, tentu kami berduka dan merasa kehilangan,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Kota Depok, kemarin.

Ia mengatakan, bagi petugas KPPS yang meninggal dunia dalam pelaksanaan kegiatan Pemilu serentak 2019 telah diajukan untuk mendapatkan santunan dari pemerintah provinsi.

“Ini sesuai dengan surat edaran yang kami terima dari KPU Provinsi bahwa Gubernur dalam hal ini pemerintah provinsi akan membantu memberikan santunan kepada keluarga maupun pihak ahli waris korban, yang telah gugur dalam mendedikasikan dan berbakti kepada Negara,” paparnya.

Ia menjelaskan, santunan akan diberikan berupa uang yang nominalnya Rp 36 juta per satu orang. Sementara pihaknya juga telah membantu proses administrasi untuk selanjutnya diajukan ke pemerintah provinsi.

“Kalau yang sakit ada kurang lebih 19 orang dari PPK, PPS dan KPPS. Ada yang dirawat dirumah maupun rumah sakit. Itu bagian yang perlu diperhatikan, hanya memang untuk bantuan dari pemerintah provinsi itu tidak mengcover terkait yang sakit, tetapi yang meninggal saja,” jelasnya.

Dirinya juga berharap dalam hal ini bantuan terhadap santunan yang meninggal tidak hanya dari pemerintah provinsi, tetapi juga dalam hal ini Pemerintah Kota Depok bisa mengupayakan adanya santunan.

“Komunikasi sudah kami lakukan, pengajuan sudah kami sampaikan ke pemerintah kota dan sudah direspon. Mudah-mudahan ini juga bisa direalisasikan semua, memang masih ada kaitan administrasi yang perlu diperbaiki, misalnya mereka meminta untuk yang mengajukan itu bukan dari KPU, tetapi dari pihak ahli waris,” terangnya.

Nana mengungkapkan, petugas KPPS yang meninggal dalam menjalankan tugasnya yakni Niman Muslim, Anggota KPPS TPS 15 Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Arin, Anggota KPPS TPS 10 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Muh Rosidi, Anggota KPPS TPS 113 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya dan Ahmad Fauzi, Anggota KPPS TPS 65 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here