Pleno KPU Meleset dari Jadwal Yang Telah Ditentukan

33
Proses rekapitulasi pengitungan suara yang masih berlangsung hingga kemarin

Margonda | jurnaldepok.id
Proses rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2019 tingkat kota yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok hingga kemarin sore belum selesai. Padahal, waktu rekapitulasi telah selesai dari yang ditetapkan yakni tanggal 7 Mei 2019 dan perpanjangan satu hari setelah tanggal tersebut.

“Masih diskors, inginya sih kami selesai malam ini (kemarin,red), kami sedang mengutus tim investigasi ke lapangan, apa sebenarnya yang terjadi. Tinggal Kecamatan Tapos dan Cilodong yang belum,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Kota Depok, Rabu (8/5).

Ia menambahkan, kendala yang dihadapi oleh dua PPK tersebut masih sama seperti halnya melakukan perekapan.

“Tapi sudah naik tingkatannya, kalau kemarin masih merekap kelurahan, saat ini sudah rekap kecamatan. Untuk Cilodong sudah penandatanganan dan penggandaan berita acara, kalau Tapos belum karena masih rekap kecamatan,” paparnya.

Terkait hal itu, pihaknya berdalih telah menerima surat edaran dari KPU RI Nomor 796 tentang perpanjangan proses rekap suara.

“Jadi bagi kecamatan atau kabupaten/kota yang belum menuntaskan kegiatan rekapnya maka silahkan dilanjutkan sampai selesai, di dalam surat itu ditulis paling lambat H-2 rekapitulasi di tingkat provinsi,” terangnya.

Dikatakannya, rekapitulasi ditingkat provinsi dimulai tanggal 14 Mei. Dengan begitu, kata dia, KPU Depok masih memiliki waktu sampai tanggal 12 Mei.

“Jadi proses rekap masih tetap berlanjut atas ketentuan itu. KPU meleset, itu sama saja manusia punya rencana namun Tuhan yang menentukan. Walaupun lambat dan memakan waktu, tapi kami ingin selesai dengan cara jujur, teliti, tertib dan akurat,” ungkapnya.

Sementara itu saksi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok, Ma’mun Pratama mengungkapkan proses rekapitulasi, Rabu (8/5) dimulai sejak pukul 09.30 WIB.

“Pleno dimulai dengan rekap suara Kecamatan Pancoran Mas dan dilanjutkan pada pukul 11.40 untuk Kecamatan Cimanggis. Rekap suara kemudian berakhir pada pukul 13.00WIB dan langsung diskors karena menunggu kotak suara dari Kecamatan Tapos dan Cilodong,” terangnya.

Namun, sambungnya, hingga pukul 17.21WIB belum ada kepastian kapan kotak suara dua kecamatan itu tiba di pleno tingkat kota yang digelar di salah satu hotel di kawasan Margonda.

“Belum ada kepastian kapan penghitungan suara untuk Kecamatan Tapos dan Cilodong karena kabarnya masih dalam proses di PPK,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here