Hardiknas Momen Penguatan Pendidikan

29
Walikota dan Kadisdik foto bersama dengan siswa usai menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional

Laporan: Nur Komalasari
Walikota Depok, Mohammad Idris menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Pendidikan yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Kali ini tema Hardiknas 2019 adalah ‘Menguatkan Pendidikan dan memajukan Kebudayaan’ .

Dalam kesempatan itu Walikota membacakan kata sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

“Tema ini mencerminkan pesan penting terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan,” kata Effendy yang dibacakan Idris.

Ia menjelaskan, dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia, menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter serta penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap.

Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.

Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan.

Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,” ungkapnya.

Ia pun mengapresiasi seluruh insan pendidikan dan kebudayaan di penjuru negeri. Terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik di semua jenjang. Mulai dari para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin mengajak tenaga pendidik dapat terus memberikan yang terbaik demi masa depan anak didik Bangsa Indonesia.

“Semoga program kita sesuai dengan pemerintah pusat yakni menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Dikatakan Kadisdik pihaknya terus melakukan peningkatan sarana dan prasarana sekolah dan juga untuk peningkatan kesejahteraan guru di Kota Depok.

Ia berharap semua program di bidang pendidikan dapat berjalan dengan baik dengan dukungan semua stakeholder, baik sekolah negeri ataupun sekolah swasta di Kota Depok

“Jika program dari dinas sudah bisa bersinergi dibawah, baik sekolah negeri ataupun swasta. Mudah-mudahan pendidikan di Kota Depok bisa lebih baik lagi,” tandasnya.nNur Komalasari

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here