Walikota Ngaduk Dodol Di Festival Cinangka

35
Walikota bersama Ketua TP PKK Depok saat mengaduk dodol dalam ajang Festival Cinangka Jilid 3

Sawangan | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris dan Ketua TP PKK Kota Depok, Hj Elly Farida berkesempatan mengaduk dodol dalam rangkaian Festival Kampung Cinangka Tempo Doeloe Jilid III. Festival itu digelar dalam rangka memeringati hari jadi ke 20 Kota Depok

“Pemerintah bakal menjadikan festival ini sebagai salah satu objek wisata Kota Depok yang diunggulkan. Keunikan, kelangkaan, dan ciri khas budaya yang dimiliki Kelurahan Cinangka tidak dimiliki oleh wilayah lain di Depok,” ujarnya, Minggu (28/4).

Dengan begitu, sambungnya, ke depan jika dikemas lebih baik lagi akan diajukan ke Kementerian Pariwisata sebagai salah satu lokasi wisata yang diunggulkan.

“Festival Cinangka Tempo Doeloe bisa dijadikan salah satu agenda Hari Jadi ke 20 Kota Depok karena memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas itu terlihat dari makanannya, perabotan tempo dulu, dan budaya khas Depok lainnya. Maka semuanya bernilai wisata yang sangat besar, nanti kami lihat lagi bagaimana ketentuannya di Kementerian Pariwisata,” paparnya.

Ia menambahkan, rencananya Festival Cinangka dapat dijadikan ajang rutin tahunan di Kota Depok. Bahkan, bisa juga ajang bulanan namun semua tergantung kebutuhan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Tentu kami dari Pemkot Depok sangat mendukung penuh kegiatan yang tetap dilestarikan seperti ini. Warga Depok juga jadi lebih mengenal budayanya sendiri,” tuturnya.

Lurah Cinangka, Kecamatan Sawangan, Rizal Farhan mengatakan Festival Cinangka Jilid III merupakan persembahan masyarakat Cinangka untuk hari jadi ke 20 Kota Depok, sebagai wujud kecintaan masyarakat kepada kotanya.

“Kami mendukung tema HUT Depok yakni rame-rame berbudaya, dengan menampilkan hasil karya kolaborasi dan berbagi peran antara RT, RW, LPM, BKM, Katar, kader PKK, Tomas dan seluruh elemen untuk menghasilkan satu kegiatan yang dirasakan oleh seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Sehingga, kata dia, hari jadi Kota Depok dirayakan oleh masyarakat dan bukan hanya ASN saja karena kegiatan dilaksanakan oleh, untuk dan dari masyarakat

“Kami tampilkan juga Gambang Kromong, seni pencaksilat tradisional, permainan jadul, menumbuk uli, nganam ketupat, tradisi bebesanan, madang bareng, kuliner asli Cinangka,
serta edukasi ramah anak dengan kegiatan story telling, menggambar dan mewarnai serta penampilan lenong bocah,” jelasnya.

Lebih lanjut Rizal berharap, satu saat Festival Cinangka menjadi kegiatan rutin tahunan yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Cinangka secara khusus dan Kota Depok pada umumnya.

“Ucapan terimakasih kami kepada Pak Walikota, Panpel HUT Depok, Kecamatan Sawangan yang pada hari jadi ke 20 Kota Depok ini telah menetapkan Festival Cinangka yang awalnya acara kelurahan menjadi acara agenda tingkat kota. Semoga diusia yang ke 20 ini Kota Depok semakin unggul, nyaman dan religius seusai harapan kita semua,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here