Jelang Pemilu, Pasokan Listrik Dijamin Aman

4
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan saat meninjau langsung kesiapan pasokan listrik di Pusat Pengatur Beban, Jawa-Bali di gardu induk PLN Gandul, Cinere

Cinere | jurnaldepok.id
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan memastikan pasokan listrik aman pada saat Pemilihan Umum 17 April 2019.

Jonan mengatakan itu saat meninjau langsung kesiapan pasokan listrik di Pusat Pengatur Beban, Jawa-Bali di gardu induk PLN Gandul, Cinere, Depok, Jawa Barat pada, Jumat (12/4) sore.

Jonan menginstruksikan seluruh jajaran PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

“Saya minta ditinjau ulang seluruh daerah sampai pelosok jangan sampai ada ganguan,” ujarnya.

Laporan direksi PLN bahwa PLN sudah melakukan kesiapan pesta demokrasi sejak 17 Maret sampai 24 Mei, yang sudah disiapkan ke TPS melalui rayon PLN finalnya.

“Meski begitu saya sarankan untuk diskusi dengan KPUD dan KPU, tanya apakah ada kebutuhan lain,” katanya.

Jonan juga mengatakan, PLN memiliki cadangan hingga 30 persen dan sampai dengan saat ini belum ada gangguan.

“Mungkin seluruh provinsi cadangannya segitu (30 persen), kecuali Sulawesi Utara, Gorontalo, Sumut dan Aceh, tapi bukan shortage atau cadangannya 20 persen saja,” paparnya.

Jonan menjelaskan, cadangan itu untuk mengantisipasi pemeliharaan dan kebutuhan mendadak.
Beban yang terbesar di Jawa dari 20 ribu-15 ribu, beban puncak 27 ribu turun ke 20 ribu.

Di lokasi sama, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN, Amir Rosidin menambahkan, ketika nanti Pemilu 17 April berlangsung di Pulau Jawa akan menurun sebanyak 5.000 MW. Biasanya setiap hari kata dia, normal 27.000 MW.

“Hari normal biasanya 27 ribu MW ketika pemilu biasanya 22 ribu MW bebannya,” tandasnya.

Untuk menjaga agar pasokan listrik tetap andal dan aman, PLN menetapkan Periode Siaga Pemilu Presiden dan Legislatif Tahun 2019 tanggal 17 Maret sampai 24 April 2019.

Pada periode tersebut, PLN meningkatkan kesiagaan menjaga keandalan dan kualitas pasokan listrik pada semua tempat pemungutan suara (TPS) supaya berjalan Normal.

Selain itu, PLN juga menyiapkan kecukupan pasokan daya dan cadangan sistem, serta menyiapkan pembangkit dan transmisi agar andal dengan mengatur jadwal pemeliharaan sistem di luar periode siaga Pemilu. n CR1-JD

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here