UNBK Di Depok Diklaim Lancar

28
ist

Margonda | jurnaldepok.id
Sekitar 8.239 pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Depok, pada Senin (1/4).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah 2, Dadang Ruhyat mengatakan, 8.239 siswa itu berasal dari 63 SMA di Kota Depok.

“Pelajar SMA yang mengikuti UNBK terdiri dari 3.853 pelajar laki-laki dan 4.386 pelajar perempuan,” ujarnya, kemarin.

Semua SMA yang ada di Kota Depok melaksanakan UN dengan sistem UNBK. Sebab, semua SMA sudah komitmen, bahkan, kata dia, pelaksanaan UNBK tidak ada kendala.

“Semuanya lancar dan enggak ada kendala. Untuk Jabar tidak ada masalah sedikitpun semua berjalan lancar,” paparnya.

Dadang menjelaskan, hari pertama pelaksanaan UNBK SMA, dia tidak mendapati laporan adanya kendala di Kota Depok. Dia juga memastikan untuk seluruh server komputer dipastikan aman. Begitupun ketersediaan perangkat sebagai perlengkapan utama siswa saat ujian.

“Kami sudah melakukan persiapan dari jauh hari dan semu kami pastikan aman, sistem komputer juga tidak bermasalah,”katanya.

Terkait pengawas, menurut Dadang para pengawas juga telah mengikuti briefing seputar tata-cara pengawasan agar peserta tidak berbuat curang.

“Untuk petugas pengawas semua sudah dikoordinasikan dengan baik. Minimal satu ruangan itu ada dua orang pengawas. Tapi pengawas silang, misalnya dari SMK mana ngawas dimana, begitu juga sebaliknya,” jelas Dadang.

Adapun jadwal berdasarkan Pedoman Operasional Standar (POS) penyelenggaraan UN 2019 di antaranya hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga atau tanggal 4 April Bahasa Inggris dan hari keempat mata pelajaran jurusan IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan. n CR1-JD

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here