13 Tahun Tak Beres, Warga Korban Cijago Ngadu ke Presiden

244
Aksi korban Cijago saat membentangkan spanduk beberapa waktu lalu

Limo | jurnaldepok.id
Puluhan warga di Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, dan Cinangka, Kecamatan Sawangan,
yang lahannya terkena proyek jalan tol Cinere – Jagorawi (Cijago) menilai pembebasan lahannya lemot.

Koordinator Paguyuban Warga Depok – Cijago (PWDC), Surya Gunawan mengatakan,
hampir 13 tahun proses pembebasan lahan jalan Tol Cijago yang melintas dan membebaskan lahan mereka tidak kunjung selesai dilakukan.

Tidak hanya meminta, tapi warga juga sempat datang ke Istana Negara beberapa hari lalu setelah sebelumnya mengirimkan surat terkait ‘lelet’nya masalah pemabayaran ganti untung lahan yang terkena proyek Jalan Tol Cijago.

Puluhan warga yang berasal dari Kelurahan Krukut, Limo, Cinangka, dan sebagaian Tanah Baru, berharap ada perhatian serius Presiden Jokowi.

“Lahan kami berada di proyek Tol Cijago seksi 3. Untuk seksi 1 kini telah beroperssi dan seksi 2 dalam konstruksi,” ujarnya, kemarin.

Selama ini warga yang terkena proyek jalan tol tersebut mencari tahu serta mencari upaya kenapa proses pembebasan atau pembayaran lahan yang terkena proyek hampir 12 tahun lebih itu terkatung katung.

Dia mengatakan data atau berkas sekitar 630 warga yang terkena pembebasan lahan hasil pendataan akhir tahun 2017 malah tidak jelas keberadaannya, akibatnya peta bidang lahan tidak selesai ditangani hingga kini.

“Lebih parah lagi Badan Pertanahan Negara (BPN) Kota Depok malah enggan menjelaskan kepada warga kami yang terkena proyek tersebut,”katanya.

Padahal, lanjutnya, jajaran BPN Depok selain sebagai petugas pengukur juga Ketua atau Kepala Pelaksana Pembebasan Tanah (KPPT).

Mereka berharap Presiden RI Jokowi mendatangi lokasi proyek Tol Cijago yang sedang dibangun sekaligus untuk mempercepat proses pembangunan di Kota Depok yang dirasakan lambat dalam 20 tahun belakangan.

“Kami berharap Presiden RI Joko Widodo turun ke lapangan terkait lambatnya proses pembebasan lahan berjalan cepat,” pungkasnya. n CR1-JD

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here