Nuroji Minta Keorsinilan Seni Dijaga

19
Nuroji foto bersama dengan Komunitas Sanggar Musik Kroncong Gema Suara Hati di Sanggar Betawi Ngumpul

Laporan: CR1-JD
Perkembangan seni budaya lokal perlu dilestarikan karena di Depok ada banyak kesenian mulai seni tradisional Gambang Kromong, wayang kulit Betawi dan juga seni tari dari Sunda serta dari Betawi, Topeng Cisalak dan daerah lainnya.

Demikian dikatakan anggota Komisi X DPR RI, Nuroji saat bertemu dengan Komunitas Sanggar Musik Kroncong Gema Suara Hati di Sanggar Betawi Ngumpul, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji.

Nuroji menambahkan, mereka ini perlu dukungan dalam pengembangannya dan perkembangannya terlebih lagi mereka megemban misi melestarikan budaya daerah ditengah gerusan budaya luar yang menggerogoti budaya tradisional.

Sebagai Anggota Komisi X DPR RI yang membidangi Seni dan Pengembangan Budaya, dirinya sangat koncren dalam upaya pelestarian pengembangan budaya termasuk dalam sisi aturan yang mendukung perkembangan seni itu sendiri.

“Kegiatan kami di sini sudah sejak 2012 dengan adanya panggung kami saling melakukan kegiatan kesenian, apa itu festival atau semacam kegiatan gelar budaya, kami sering melakukan itu setiap tahun biasanya. Hanya dua tahun belakangan ini kami lagi istirahat dulu karena kegiatan lainnya yang diutamakan. Di dalam gelar budaya biasanya kami tampilkan beberapa cabang seni yang sangat aslinya dilestarikan,” jelasnya.

Pihaknya baru saja mengesahkan dan membentuk undang-undang tentang pemajuan kebudayaan, yang menyatakan bawa kesenian salah satu dari kebudayaan yang unsur kebudayaan harus dilestarikan.

Dikatakannya, boleh dikembangkan keroncong yang dipadukan dengan Gambang Kromong itu pengembangan atau Keroncong dicampur Tanjidor atau Keroncong disambut dangdut kalau ada yang bisa ya Itu pengembangan boleh-boleh saja.

“Tetapi kita juga punya tugas melestarikan yang aslinya agar turut juga dipertahankan, kami juga punya Gambang Kromong yang menganut seni klasik sehingga kami mentabukan penggunaan keyboard, tetapi saat kami manggung ada penonton perlu lagu dangdut, ya silakan gunakan keyboard,” ucapnya.

Nuroji berharap, komunitas musik Keroncong ini bisa berkembang di kota dan terkait dengan Betawi Ngumpul, dirasa persaudaraan itu penting.

Ia juga berjanji akan membantu pembiayaan pembentukan Badan Hukum bagi 10 perkumpulan yang akan membuat legalitas perkumpulannya.

Dijelaskannya, membuat legalitas banyak manfaatnya dan ia menyarankan membuat perkumpulan karena kumpulan lebih fleksibel untuk kegiatan seni dibandingkan yayasan.

Sementara itu, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FKP) Kota Depok, Babah Entong mengatakan, sudah panjang lebar menceriatakan eksistensinya dan jati diri seni di Depok ini tapi belum terakomodir.

Sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan, ia tertarik dengan Kroncong karena sudah terakomodir, tidak ada lagi perbedaan suku-suku bangsa agama yang ada.

“Kewajiban kami untuk sama-sama menyatukan barisan di Kota Depok di Forum Pembauran Kebangsaan. Jadi jelas, interaksi lewat organisasi sudah ada wadahnya dan panjang lebar tadi disampaikan Bang Haji Nuroji di dalam seni ini paling mudah berinteraksi,”katanya.

Pimpinan Keroncong Gema Suara Hati
Pink Sukardi menambahkan, musik Keroncong ini perlu dilestarikan kepada anak-anak muda karena saat ini anak muda lebih suka cenderung ke budaya asing dan lainnya.

“Ya mudah-mudahan dengan bisa tampil di saung Warung Betawi Ngumpul kedepannya musik Keroncong lebih dikenal,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here