Wilayah Limo Waspada DBD

68
ilustrasi

Limo | jurnaldepok.id
Jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Limo belakangan menggiatkan sosialisasi antisipasi munculnya wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) diwilayah Kecamatan Limo.

Pegawai Puskesmas Kecamatan Limo, Parminto mengatakan pelaksanaan sosialisasi penyakit menular merupakan program rutin yang selalu dilaksanakan oleh Puskesmas dalam rangka mengantisipasi munculnya penyakit menular akibat perubahan cuaca dan kondisi lingkungan yang kurang bersih hanya saja kata dia dalam sebulan terakhir ini faktor cuaca yang tak menentu (ekstrem) dengan tingkat cirah hujan tinggi menjadi pertimbangan utama dalam meningkatkan antisipasi berkembangnya jentik nyamuk DBD dilingkungan masyarakat.

“Sebenarnya aktivitas sosialisasi rutin kami laksanakan dalam berbagai kesempatan pertemuan dengan masyarakat terutama dalam kegiatan pembianaan terhadap para kader PKK dan Posyandu tapi memang untuk bebrapa pekan belakangan masyarakat harus lebih waspada dengan munculnya wabah DBD karena faktor cuaca ekstrem dimana jentik nyamuk DBD lebih mudah berkembang biak, ” ujar Reno sapaan akrab Parminto.

Dia menambahkan, untuk meminimalisir berkembangnya jentik nyamuk DBD, warga masyarakat harus lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), serta menggiatkan aktivitas pemeberantasan sarang nyamuk (PSN).

“Melalui para kader kami sudah mengimbau agar masyarakat dapat menerapkan program PHBS, melaksanakan PSN dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah ” tegas Reno.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Kantor Kelurahan Grogol Kecamatan Limo, Lukman Zaelani meminta kepada para Ketua lingkungan yang wilayahnya rentan terjangkit wabah DBD agar segera melaksanakan pengasapan (Pogging) guna menekan berkembangnya jentik nyamuk DBD.

“Diwilayah Kelurahan Grogol memang ada beberapa wilayah Rw yang rawan terjangkit wabah DBD dan Chikungunya seperti di Rw 07, Rw 05 dan Rw 12 oleh sebab itu kami meminta kepada Ketua lingkungan diwilayah ini agar segera melaksanakan kegiatan antisipasi sebelum wabah berjangkit, ” tutupnya. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here