KPU Target Partisipasi Pemilu Di Depok 80 Persen

91
Prosesi pelantikan Relawan Demokasi untuk Pemilu 2019 oleh KPU Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok memasang target partisipasi pemilih pada pemilu 17 April mendatang sebesar 80 persen. Target tersebut jauh lebih tinggi dari partisipasi masyarat Depok yang menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jabar 2018 kemarin sebesar 73 persen.

“KPU Kota Depok untuk pemilu 2019 ini menargetkan tingkat partisipasi 80 persen. Kami sadar bahwa ini akan sangat membutuhkan kerja keras dan sangat maksimal. Tapi kami yakin dan optimis target tersebut dapat tercapai. Tentu kami tidak bisa mewujudkan itu semua tanpa dukungan dan bantuan seluruh stakeholder yang ada di kota ini,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Kota Depok usai pelantikan Relawan Demokasi, Kamis (24/1).

Salah satu upaya dalam mewujudkan target tersebut, sambungnya, yakni pihaknya merekrut Relawan Demokrasi. Dengan direkrutnya 55 orang Relawan Demokrasi ini, selain nanti melakukan sosialisasi turun kebawah menemui masyarakat untuk datang ke TPS, tapi juga dapat memberikan informasi yang benar terhadap isu-isu atau kabar bohong yang beredar selama ini.

“Sebagaimana diketahui, tingkat partisipasi pemilu legislatif tahun 2014 di Kota Depok sebesar 68,17 persen dan pilpres tahun 2014 di Kota Depok sebesar 73,72 persen. Sedangkan untuk pemilu tahun 2019 ini secara nasional kami ditargetkan 77,5 persen,” paparnya.

Lebih lanjuta ia mengatakan, Relawan Demokrasi merupakan salah satu upaya untuk melibatkan masyarakat, karenanya program yang digagas oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia dilaksanakan di seluruh Indonesia.

“Tujuan dari perekrutan Relawan Demokrasi ini adalah yang pertama, meningkatkan kualitas pemilu, yang kedua meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, yang ketiga membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi dan yang keempat yang paling utama adalah meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu,” terangnya.

Acara pelantikan dan bimtek Relawan Demokrasi yang digelar di salah satu hotel di kawasan Margonda dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.

Dalam sambutannya Pradi mengapresiasi pihak KPU yang telah merekrut Relawan Demokrasi sekaligus memberikan pesan terhadap 55 Relawan Demokrasi yang dilantik.

“Relawan sudah disumpah, tentu agar berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. Kami apresiasi KPU yang telah melsanakan kegiatan ini. Ini penting dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Secara pribadi saya siap untuk menjadi Relawan Demokrasi,” tandasnya.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Depok akan mensupport KPU agar target 80 partisipasi masyarakat dapat tercapai.

“Kami akan minta jajaran yang ada di dinas-dinas sampai kelurahan untuk turut berpartisipasi dalam pemilu. Tentu dengan ketentuan dan atauran-aturan yang berlaku, jangan sampai nanti malah salah kaprah. Kami ingin partisipasi pemilih bisa mencapai 80 pesen,” ungkapnya.

Kegiatan yang dihadiri kepala OPD, Bawalu dan Forkopimda juga diisi dengan penyampaian materi dan tanya jawab oleh peserta. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here