26.799 Warga Depok Terima Sertipikat Tanah Gratis

184
Walikota Depok didampingi Kepala BPN saat menyerahkan sertipikat program PTSL secara simbolis kepada masyarakat

Bojongsari | jurnaldepok.id
Sebanyak 26.799 warga Kota Depok mendapatkan sertipikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang merupakan program nasional di daerah. Pemberian sertipikat tanah tersebut langsung diserahkan oleh Walikota Depok, Mohammad Idris bersama Kepala BPN Kota Depok, Sutanta.

Sutanta mengatakan, sebesar 26.799 sertipikat tanah akan didistribusikan sepanjang Januari hingga Februari 2019. Sertipikat tersebut akan diserahkan langsung di setiap kelurahan.

“Ini kegiatan tahun 2018, program PTSL tersebar di delapan kecamatan dan 20 kelurahan. Secara simbolis diberikan hari ini. Sisanya akan diberikan secara bertahap di tiap kelurahan,” ujar Sutanta, Kamis (17/1).

Dikatakannya, untuk tahun 2019 target penerbitan sebanyak 34 ribu sertipikat tanah dan 54 ribu peta bidang. Untuk cakupannya ada di enam kecamatan dan 20 kelurahan di Kota Depok.

“Pengusulan dimulai dari saat ini, akan ada penyuluhan dan sosialisasi oleh camat dan lurah terlebih dahulu. InsyaAllah semuanya gratis. Kewajiban peserta penerima hanya patok, materai, dan fotokopi berkas saja selebihnya tidak ada,” tandasnya.

Walikota Depok, Mohammad Idris menyambut baik pada seluruh pihak yang sudah menyukseskan program yang sangat bermanfaat untuk masyarakat ini. Dikatakan Idris, kepemilikan sertipikat tanah merupakan sebuah keniscayaan dan keharusan. Karena menurutnya kalau sampai ada permasalahan sertipikat tanah ini mencuat tidak hanya berususan di dunia saja tapi juga sampai dibawa saat manusia tidak ada nantinya.

“Akan tetapi kalau konflik permasalahan tanah ini bisa sampai berdampak ke ahli waris dari tanah tersebut, makanya programnya sangat bermanfaat sekali bagi warga Depok yang memang masih banyak belum memliki sertipikat kepemilikan tanahnya,”tandasnya.

Selain itu dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada fasilitator khususnya BPN Kota Depok, maupun para lurah atas jerih payah, komunikasi dan kerja kerasnya untuk program itu. Untuk itu dia juga berpesan kepada warga yang sudah mendapatkan sertipikat untuk menyimpannya dengan baik, dan tidak ada lagi permasalahan-permasalahan yang diungkit setelah memegang sertipikat.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada yang sudah mendapatkan sertipikat tanahnya, dan terimakasih sudah turut menyukseskan program pemerintah pusat ini,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here