KPU Rekrut Puluhan Relawan Demokrasi

175
Nana Shobarna

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemlihan Umum (KPU) Kota Depok merekrut puluhan relawan demokrasi untuk pemilihan umum 2019.

“Maksud dibentuknya relawan demokrasi ini agar dapat menjadi perpanjangan tangan KPU Kota Depok kepada masyarakat, untuk mendongkrak angka tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Kota Depok, Senin (14/1).

Ia menambahkan, Komisi Pemilihan Umum Kota Depok merekrut 55 orang relawan demokrasi yang tersebar di seluruh wilayah Kota Depok. Hal itu untuk menyasar basis pemilih strategis.

Adapun basis pemilih strategis yang menjadi target sasaran relawan demokrasi terbagi menjadi 10 basis yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus.

“Ada juga basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan dan basis warga internet. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi,” paparnya.

Dirinya berharap, melalui rekrutmen relawan demokrasi ini mampu mendorong peran serta masyarakat dan tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggungjawab penuh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu secara optimal.

“Mereka kami seleksi admistrasi dan wawancara. Tentu, mereka bukan kader partai politik tertentu atau tim sukses dari caleg maupun capres maupun cawapres. Semua kami sodorkan surat pernyataan terkait itu,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here