NMI dan Harry Belum Dicekal

207
Inilah Jalan Nangka yang berada di wilayah Kecamatan Tapos, belakangan nama jalan tersebut menjadi trading topic lantaran menyeret mantan walikota dan Sekda Kota Depok dalam dugaan kasus korupsi

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Depok, Dadan Gunawan mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima surat perintah cekal terhadap tersangka kasus dugaan korupsi proyek Jalan Nangka, Kecamatan Tapos, yang melibatkan mantan Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il (NMI) dan mantan Sekretaris Daerah Kota Depok, Harry Prihanto.

“Terkait penetapan pencekalan beliau, bahwa prosesnya tidak secara otomatis melainkan perlu ada usulan dari instansi yang memiliki kewenangan, yang dimaksud salah satunya Polri,” ujar Dadan kepada Jurnal Depok, Kamis (30/8).

Pasalnya, kata dia, Polri dalam hal ini sedang menangani kasusnya, dan usulan pencekalan dimaksud disampaikan kepada Ditjen Imigrasi.

“Dari sana kemudian Ditjen Imigrasi setelah menerima usulan dimaksud akan memasukan kedalam sistem cekal nya,” paparnya.

Nantinya, sambung dia, hal itu akan dipergunakan oleh kantor imigrasi dalam proses layanan.

“Apabila orang yang sudah masuk dalam daftar cekal dimaksud mengajukan permohonan layanan keimigrasian, maka tidak dapat dilanjutkan proses layanan keimigrasiannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa perlu diketahui cekal merupakan singkatan Cegah (untuk orang yang akan meninggalkan wilayah RI) dan Tangkal (untuk orang yang akan masuk wilayah RI).

Sementara itu, Kapolresta Kota Depok, Kombes Pol Didik Sugiarto mengatakan pihaknya akan melakukan hal itu secara prosedural .

“Nanti pasti akan kami sampaikan,” terangnya.

Selain belum menahan NMI dan HP, pihak Polresta Depok juga belum melakukan penahanan terhadap mantan orang nomor satu dan tiga di lingkup Pemerintah Kota Depok.

“Saat ini baru penetapan, kami belum melakukan pemanggilan. Nanti setelah pada saatnya tentunya penyidik setelah pembuktian mencukupi dan alat bukti yang dikumpulkan sudah dirasa cukup, pasti penyidik juga akan melakukan pemanggilan kepada saudara NMI dan HP,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here