Kurban Di Depok Senilai Rp 139 M

155
Walikota Depok, Mohammad Idris saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban di Rusunawa

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok telah mendata penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah Depok. Tahun ini, hewan kurban yang disembelih mencapai 26.194 ekor.

Ketua Panitia Hari Besar Islam Kota Depok, Khaidir Fauzi mengatakan, jumlah hewan kurban yang disembelih di seluruh kecamatan dan kelurahan di Kota Depok pada Hari Raya Idhul Adha 1439 H mencapai 26.194 ekor hewan.

Jumlah itu terdiri dari sapi dan kerbau sebanyak 7.082 ekor, domba dan kambing sebanyak 19.822 ekor.

“Total keseluruhan hewan kurban yang disembelih pada Idhul Adha tahun ini sebanyak 26.194 ekor. Terima kasih kepada tim monitoring dan pendataan hewan Kota Depok,”ujar Khaidir, Rabu (15/8).

Hal itu disampaikan saat ia membacakan laporan sebelum Sholat Idhul Adha di Masjid Balaikota Depok.

Dikatakannya, jika jumlah hewan kurban itu dinilai dengan uang yakni mencapai Rp 139,9 miliar.

“Jumlah itu masih bisa bertambah tiga hari ke depan, hewan kurban itu merupakan amal ibadah kita semua,” paparnya.

Sekertaris Daerah Kota Depok, H Hardiono dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi mensiarkan agama Islam dengan melakukan penyembelihan kurban.

“Alhamdulillah, cukup banyak warga Depok yang berkurban. Dengan Idhul Adha bisa mendekatkan hidayah serta meningkatkan keimanam kita,” katanya.

Menurut Hardiono, kurban memiliki dua aspek yaitu aspek peribadatan dan aspek kemasyarakatan. Aspek peribadatan yaitu berbakti kepada Allah SWT dan aspek kemasyarakatan yaitu membagikan daging kurban kepada umat Islam yang kurang mampu dan tidak pernah makan daging.

“Dengan membagikan daging akan berkembang pendekatan, di mana kaum muslim yang tidak pernah makan daging bisa menikmati. Dengan ini bisa tercipta kemurnian sosial. Selamat Idul Adha, semoga kita selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here