JPO Margonda Bakal Seperti JPO Pondok Indah

219
Mohammad Idris

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok bersama pihak swasta berencana membangun Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) tepatnya di gerbang masuk Jalan Raya Margonda. Nantinya, pembangunan JPO tersebut akan diadposi dari JPO yang berada di kawasan Pondok Indah Mall (PIM).

“Kami sudah minta untuk pembangunan JPO di gerbang Margonda, antara 4-6 meter. Idealnya memang 6 meter sehingga yang 2 meter nanti untuk gerai UMKM dan 4 meter untuk pejalan kaki,” ujar Mohammad Idris, Walikota Depok, kemarin.

Ia menambahkan, nantinya pelaku UMKM dapat menjajakan hasil produknya seperti kerajinan tangan, kuliner dan lainnya. Pihaknya juga akan melakukan MoU kepada instansi terkait untuk pengamannanya.

“Kalau JPO biasa anggarannya Rp 3 miliar, itu yang kemarin kami lihat mencapai Rp 10 miliar. Ternyata memang konstruksinya harus kuat,” tukasnya.

Sasaran pembelinya ialah masyarakat yang menggunakan JPO dan apartemen.

“Tinggal bagaimana nanti disinergikan dengan aturan-aturan lalu lintas, jangan sampai ada orang yang menyebrang di jalan tapi harus melalui JPO,” paparnya.

Adopsi JPO layaknya di Pondok Indah Mall atau Mangga Dua itu tak lain untuk memberikan ruang kepada pelaku UMKM untuk menjajakan barang dagangannya. Nantinya, dinas terkait akan mengatur penyewannnya.

“Itu dibangun menggunakan dana CSR, kami minta tahun ini. Sebab mereka tidak terikat dengan APBD,” terangnya.

Dikatakannya, pemerintah kota telah membuat beberapa tempat pusat UMKM, namun kerjasama dengan beberapa pusat perbelanjaan belum optimal. Selain itu, dua persen dari luasan pasar modern juga diperuntukkan UMKM.

Selain itu, pihaknya juga berencana membangun sentra UMKM di alun-alun kota yang akan dibangun tahun ini.

“Untuk gerai UMKM itu di 2019, di tahun ini hanya beberapa space untuk olahraga dan taman bermain anak. Konstruksinya ada tiga tahap, tahun ini, tahun depan dan tahun 2020 untuk penyempurnaannya,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here