Civitas UP Gagas Sistem Ekonomi Pancasila

150
Peresmian acara Festivasl Entreprenuership Pancasila

Margonda | jurnaldepok.id
Civitas akademika Universitas Pancasila (UP) menggagas sistem Ekonomi Pancasila. Sistem ini diharapkan bisa membawa kesejahteraan bagi rakyat Indonesia sesuai dengan cita-cita Pancasila. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar pelatihan enterpreneurship Pancasila.

Dekan Fakultas Ekonomi UP, Sri Widiastuti mengatakan, konsep enterpreneurship Panacasila ini menerapkan tiap sila Pancasila dalam perekonomian Indonesia. Mulai dari sila Ketuhanan Yang Maha Esa hingga Kesejahteraan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“UP sendiri punya inkubator bisnis memberikan pendampingan kepada pelaku usaha. Yang ke-empat adalah kaitannya dengan kerakyatan. Segala sesuatu ada aturannya, mengambil keputusan ada musyarawarah dan terakhir keadilan sosial. Jika itu dilaksanakan dengan baik niscaya akan terbentuk keadilan sosial,” ujar Sri saat acara Festivasl Entreprenuership Pancasila, Rabu (15/8).

Dikatakan dia, dengan sistem ekonomi Pancasila ini lebih unggul daripada kapitalis yang mengedepankan persaingan. Untuk saat ini kata dia yang harus dilakukan adalah berjejaring. Dengan demikian, persaingan dengan sendirinya akan terhapus. Konsep ekonomi Pancasila juga sejalan dengan ekonomi syariah. Pasalnya dalam ekonomi Pancasila terdapat terdapat kejujuran.

“Jadi tidak hanya yang punya modal yang untung saja. Sistem ekonomi Pancasila menggaris bawahi proses, kita tidak berpihak pada pasar sepenuhnya, tapi harus ada kendali. Kaitannya ekonomi syariah dengan Pancasila beriringan, ada kejujuran dan keadilan,” tambahnya.

Rektor UP, Wahono Sumaryono menambahkan, secara filosofis, Pancsila merupakan suatu sintesis dari paham-paham besar dunia yang kemudian disesuaikan dengan kondisi Indonesia. Paham ini kini menjadi ideologi bangsa.

“Maka dengan mengacu pada satu yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa kemudian sila kedua, dan seterusnya maka akan dihasilkan Keadilan Sosial,” tandasnya.

Dia menambahkan, keadilan sosial itu hasil dari sila satu hingga empat dalam Pancasila. Sehingga jika mengacu pada entrepreneurship Pancasila bisa menciptakan pekerjaaan.

“Bagiaman orang-orang yang mau terlibat disitu menjadi wirausaha tapi tetap berlandaskan nilai luhur Pancasila, tidak untuk keuntungan pribadi namun untuk keadilan sosial. Sehingga kelebihannya adalah mendorong orang yang bergerak di bidang wirausaha akan mnjadi orang yang sukses secara bisnis dan kwewajiban sosialnya,” pungkasnya. n Rahmat Tramuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here