29 Bacaleg Dicoret KPU

247
Komisioner KPU saat menggelar rapat pleno terkait rancangan Daftar Caleg Sementara di Kantor KPU Kota Depok

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Sebanyak 29 bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dikarenakan ada beberapa persyaratan yang hingga batas waktu masa perbaikan tidak dilengkapi. Alhasil, 29 nama bacaleg itu dicoret oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok.

“Awalnya yang mendaftar sebanyak 689 bacaleg, namun setelah dilakukan verifikasi berkas yang dilakukan sampai 31 Juni, ada 29 bacaleg yang tidak memenuhi syarat,” ujar Nurhadi, Komisioner KPU Kota Depok, kemarin.

Ia mengatakan, hasil dari verifikasi itu kemudian diumumkan menjadi Daftar Calon Sementara (DCS) yang diumumkan mulai, Minggu (12/8).

Dijelaskannya, jika DCS sudah keluar maka tidak bisa ditambah lagi jumlah calegnya. Selain itu, DCS juga menanti tanggapan dari masyarakat yang dilengkapi identitas jelas dan akan dilakukan klarifikasi baik ke bacaleg maupun ke partai nya.

“Kalau itu betul yang meyebabkan tidak terpenuhinya persyaratan, maka kami akan coret dan beritahukan ke partai. Dari situ nanti partai bisa mengajukan penggantinya. Kalaupun sudah DCS, jumlahnya masih bisa berkurang jika memang ada tanggapan dari masyarakat yang menyebabkan persyaratannya tidak terpenuhi, namun partai bisa menggantinya terhadap yang dicoret itu, akan tetapi tidak mengubah nomor urut,” paparnya.

Dikatakannya, masyarakat memiliki waktu 10 hari untuk menanggapi DCS setelah diumumkan.

Dijelaskannya, 29 bacaleg yang dicoret namanya tidak dari seluruh partai peserta pemilu 2019, namun hanya beberapa partai saja. Ia memastikan, meskipun puluhan bacaleg telah dicoret, namun kuota perempuan masih terpenuhi. n Rahmat Tarmuji

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here