Sabtu Minggu Ganjil Genap

381
Kondisi kendaraan di Jalan Raya Margonda di simpang Ramandha

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok hingga saat ini masih mengkaji rencana penerapan ganjil genap di ruas Jalan Margonda Raya. Kendati kebijakan itu nantinya bakal diterapkan, maka pemberlakuannya hanya dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu.

“Kami minta agar ini dikaji bersama Dinas Perhubungan, memang yang sudah ada pembicaraan sebelumnya secara informal dengan pihak yang terkait seperti Satlantas Polresta Depok itu sudah dibicarakan,” ujar Walikota Depok, Mohammad Idris, kemarin.

Ia menambahkan, atas dasar itu pihaknya meminta dinas terkait agar dikaji lebih cermat dan mendalam. Pasalnya, kata dia, tidak semua daerah yang memiliki program bisa dijiplak di daerah Depok karena harus dilihat potensi dan kemampuan personel, fasilitas termasuk faslitas jalannya.

“Kalaupun sudah dikaji laporkan ke kami, dan walaupun ada, itu harus diuji coba terlebih dahulu, paling lama beberapa minggu, karena pemberlakuannya hanya Sabtu-Minggu saja. Nantinya akan dievaluasi dan meminta pandangan dari masyarakat juga,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa kajian ganjil genap saat ini telah hampir rampung dan akan segera diuji coba.

“Belum ada laporan terakhir yang masuk ke kami, Margonda saja dan hari Sabtu-Minggu saja,” ungkapnya.

Penerapan ganjil genap di Jalan Raya Margonda tak lain untuk mengurai kemacetan di setiap akhir pekan. Pemkot Depok juga telah berupaya untuk mencari solusi mengatasi kemacetan di Kota Depok salah satunya dengan menerapkan Sistem Satu Arah (SSA). Selain itu pihaknya telah mengusulkan lanjutan pembangunan jalan Juanda-Cinere ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ)

“Kami juga mengusulkan penambahan ruas jalan ke BPTJ, yaitu terusan Jalan Juanda ke Cinere. Mereka belum bisa merealisasikan hal itu di tahun ini maupun tahun depan karena anggarannya belum ada,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah kota juga akan melakukan perbaikan jembatan Jalan Dipo yang berada di Jalan Citayam untuk mempelancar arus lalulintas.

Terkait rencana Bogor Outer Ring Road (BORR) yang bakal sampai ke wilayah Depok, Idris mengaku siap untuk menyambung akses jalan tol itu agar terhubung dengan Kota Depok.

“Itu BPTJ, harus siap menyambung itu,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here