KCD Bebenah Ciliwung

189
Aktivitas KCD dalam membersihkan Kali Ciliwung

Laporan: Fx-Ktr
Menjelang peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 tahun ini, rencanaya pada Sabtu-Minggu, 11-12 Agustus mendatang Komunitas Ciliwung Depok (KCD) akan menggelar operasi bersih sungai yang dikenal dengan Bebenah Ciliwung (BC).

Opsih akan dilaksanakan di sempadan Ciliwung, mulai dari kolong jembatan Kota Kembang/ GDC hingga batu cadas yang akan digunakan sebagai lapangan upacara dan area penanaman aneka jenis tanaman bambu.

Pada waktu bersamaan juga akan dilaksanakan gladi upacara yang akan diikuti oleh siswa perwakilan dari beberapa sekolah di Kota Depok.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT RI ke-73, Rizky Aditio, didamping Penanggungjawab BC, Sandi Sanjaya, menjelaskan, kegiatan Bebenah Ciliwung terbuka bagi siapapun yang peduli akan kelestarian alam sungai Ciliwung.

Peserta bisa menikmati aliran sungai sambil mengumpulkan sampah dalam kantong kedap air dan membawanya sambil berenang (bodyrafting) ke titik evakuasi.

“Kami lakukan susur (trekking,red) jalan setapak menuju pancuran air tempat start awal perahu pengibar bendera, saat upacara nanti, sambil memilih sampah anorganik dan mengumpulkannya di titik evakuasi,” ujarnya, kemarin.

Dikatakannya, kawasan sekitar lokasi upacara harus dijaga dan dirawat kelestariannya karena merupakan salah satu spot yang mudah dijangkau dan merupakan wilayah yang masih berfungsi sebagai daerah konservasi sungai.

Dengan berpartisipasinya para peserta pada kegiatan BC, paling tidak mereka sudah menerapkan nilai kejuangan para pahlawan kemerdekaan bangsa dalam bentuk perjuangan membebaskan Ciliwung dari sampah dan kerusakan lainnya.

“Dalam perjuangan kita mengurangi sampah disarankan para relawan membawa botol minum sendiri, makanan yang bebas dari kemasan plastik atau gabus styrofoam dan alat kerja pelindung yang diperlukan,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here