Katar Bojongsari Tebar Ribuan Benih Ikan

108
FOTO A BERITANYA YG BHL1-Walikota Depok, Mohammad Idris bersama Anggota DPRD Depok, Hj Qonita Luthfiyah dan Mad Arif disaksikan camat, kapolsek, Danramil, Karang Taruna dan masyarakat melepas benih ikan di sungai depan kantor kecamatan Bojongsari

Bojongsari | jurnaldepok.id
Karang Taruna (Katar) Kecamatan Bojongsari menebar ribuan benih ikan di aliran sungai yang berada persis di depan Kantor Kecamatan Bojongsari.

“Kami ingin memberikan warna baru, karena Bojongsari ini merupakan wajah Depok di sebelah barat. Kami ingin ada sesuatu yang berbeda di Bojongsari, terlebih lagi Bojongsari merupakan daerah peralihan fungsi dari pesawahan menjadi daerah perumahan,” ujar Saefudin, Ketua Karang Taruna Kecamatan Bojongsari, Rabu (18/7).

Ia menambahkan, Katar ingin memberdayakan lahan pertanian dan lahan tidur yang ada, terutama sungai yang saat ini dipenuhi sampah. Sehingga terlihat kesan kumuh di lingkungan dan berdampak negatif terhadap masyarakat.

Dengan normalisasi sungai, sambungnya, diharapkan dapat menjadi motivasi masyarakat agar mampu menjaga lingkungan lebih bersih.

“Dari itu, kami manfaatkan aliran sungai ini untuk pembudidayaan ikan konsumsi. Alhamdulillah, kegiatan ini sudah diikuti oleh beberapa RT yang ada di Bojongsari. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat merasa malu ketika membuang sampah di kali,” paparnya.

Penebaran benih ikan tersebut tak lain hasil kerjasama dengan BBI Kota Depok. Di mana, BBI memberikan 10 ribu benih ikan jenis nila yang disebar di tiga titik. Selain itu, Karang Taruna juga menyiapkan 50 kilo dengan ukuran yang siap produksi.

Walikota Depok, Mohammad Idris yang secara simbolis membuka acara sekaligus menebar benih ikan, mengapresiasi Karang Taruna Kecamatan Bojongsari.

“Ini kegiatan yang luar biasa, mudah-mudahan dapat diikuti daerah lain dengan memanfaatkan air sungai yang ada,” tanggapnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Camat Bojongsari, H Usman Haliyana. Usman merasa senang anak-anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna di wilayahnya berperan aktif untuk menjaga lingkungan tetap asri.

“Ini merupakan inovasi dari karang taruna, tentu kami akan support setiap kegiatan karang taruna, terlebih kegiatan itu untuk masyarakat dan lingkungan,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan itu Anggota DPRD Depok, Kapolsek, Danramil, lurah se Kecamatan Bojongsari, LPM, PKK dan pengurus karang taruna. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here