Demokrat Soal Etika TGB

270
Rudy Kadarisman

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Ketua Divisi Keamanan Internal Partai DPP Partai Demokrat, Rudi Kadarisman mengomentari pernyataan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi atau yang lebih akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB), yang menyatakan dukungannya kepada Joko Widodo untuk menjadi presiden RI dua periode.

“Di kami ketika ada seseorang menyatakan untuk mendukung itu sah-sah saja, partai ada aturan sendiri untuk itu. Partai kami di bawah Pak SBY belum menentukan apa-apa dan mendukung siapa-siapa karena masih ada komunikasi politik yang bagus,” ujar Rudi kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dikatakannya, ungkapan TGB untuk mendukung Jokowi dua periode merupakan hak nya, dan partai menganggap itu kemauan pribadi dan partai memiliki aturan untuk memenentukan yang nantinya akan diusung.

“Secara etika tidak dong, kan harus mengikuti garis partai. Kami mengatakan bahwa TGB tidak harus melakukan itu kalau ia masih merasa kader, kecuali ia sudah tidak merasa kader dan menganggap tidak di Demokrat, bagi kami itu tidak salah,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, TGB seharusnya memiliki etika politik yang baik dengan kulunuwun dan mengundurkan diri dari partai.

“Menurut kami sebagai kader Partai Demokrat, beliau mendukung tanpa sebuah keputusan yang dilakukan oleh Partai Demokrat, itu salah,” ungkapnya.

Rudi yang pernah menjabat sebagai Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok menyatakan bahwa TGB bukan lagi dalam mencari sensasi.

“Enggak, semua dalam koordinasi. Kami tahu sekali Pak SBY dengan majlis tinggi dan pengurus harian melakukan musyawarah sampai kepada voting menentukan opsi A, opsi B. Jadi sangat bijak (SBY,red),” jelasnya.

Namun begitu, DPP belum ada rencana untuk melakukan pemanggilan atau teguran kepada TGB. Pihaknya saat ini akan lebih fokus kepada hal yang lebih penting ketimbang TGB.

“Banyak yang lebih penting dari pada TGB, kami partai besar dan memiliki kader yang baik seperti AHY,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here