Parpol ‘Geruduk’ Kantor KPU

237
Pimpinan partai politik foto bersama usai pendaftaran bakal calon anggota dewan di Kantor KPU Kota Depok

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) dimanfaatkan partai politik (Parpol) untuk beramai-ramai mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Pancoran Mas.

“Hari ini ada sekitar 12 parpol yang mendaftar, yang sudah mendaftar di hari sebelumnya ada empat partai. Pendaftaran kami tutup pada Selasa (17/7) pukul 24.00 wib,” ujar Nurhadi, Komisioner KPU Kota Depok, kemarin.

Ia mengatakan, sesuai PKPU partai politik wajib melengkapi Formulir B, B1, B2 dan B3.

“Formulir B merupakan keterangan partai, B1 BCAD per dapil 100 persen dan maksimal 30 persen perempuan, B2 yakni formulir terkait rekrutmen partai terhadap BCAD dan B3 yakni yang berkaitan dengan pakta integritas, itu semua wajib dipenuhi,” paparnya.

Ketua Partai Perindo Kota Depok, Anwar yang datang pertama pada hari kemarin emngatakan bahwa berkas yang diajukan telah lengkap.

“Karena masalah kelengkapan data fisik yang belum lengkap, maka kami memilih mendaftar di hari terakhir. Target kami tidak muluk-muluk yakni enam kursi,” jelasnya.

Setelah Perindo, kemudian rombongan dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang giliran mendatangi kantor KPU Depok di kawasan Pancoran Mas.

Ketua DPD PAN Kota Depok, H Igun Sumarno mengatakan dirinya membawa lengkap seluruh BCAD dalam pendaftaran itu.

“Kami bawa seluruhnya BCAD yang telah mendaftar, Alhamdulillah proses pendaftaran berjalan lancar dan cepat,” terangnya.

Tepat pada pukul 13.00 wib, giliran Partai Demokrat yang mendatangi kantor KPU. Sedikitnya 100 orang kader dan BCAD ikut dalam pendaftaran tersebut.

Dalam kesempatan itu terlihat artis Jane Shalimar dan aktor FTV, Yusuf Ibrahim ikut mendaftar sebagai BCAD dari Partai Demokrat.

“BCAD kami memang diisi oleh beberapa artis dan public figure serta anak-anak mudah yang energic. Mudah-mudahan dengan bergabungnya mereka dapat menambah semangat dan motivasi untuk turun ke bawah,” terang Edi Sitorus, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok.

Dengan bergabungnya beberapa artis dan public figure, Edi yakin hal itu akan mendongkrak suara Partai Demokrat khususnya di Kota Depok.

Selang beberapa menit dari Partai Demokrat, DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Depok mendatangi kantor KPU tepat pukul 15.00 wib.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Hendrik Tangke Allo memimpin langsung pendaftaran BCAD didampingi pengurus DPC dan anggota dewan incumbane dari partainya.

“Kami secara serentak mendaftar pada hari ini (kemarin,red) dan ini merupakan perintah DPP. Khusus untuk Depok yang kami daftarkan sesuai kuota 50 orang terbagi di enam dapil, keterwakilan perempuan di atas 30 persen,” ungkap Hendrik.

Dijelaskannya, latar belakang bacaleg dari berbagai macam seperti kader partai, sayap partai, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda yang ada di wilayah masing-masing dapil.

“Sehingga 50 BCAD ini merupakan perpaduan dari berbagai macam latar belakang. Kualitas tidak perlu diragukan lagi, PDI Perjuangan dalam memilih bacaleg tetap mengutamakan kualitas,” terangnya.

Sementara itu DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok mendatangi kantor KPU sekitar pukul 16.00 wib.

Ketua DPC PPP Kota Depok, Hj Qonita Luthfiyah dan didampingi pengurus, kader dan BCAD langsung memasuki kantor KPU.

Ketua Bidang OKK DPC PPP Kota Depok, Mazhab HM mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai macam tahapan pencalegan di internal partai.

“Sehingga kami datang ke sini segala sesuatunya telah dilengkapi semua. Alhamdulillah semua dapil telah terisi, tak ada satu pun dapil yang kekurangan Bacaleg. Jumlah keseluruhan mencapai 50 orang,” katanya.

Hingga berita ini ditulis, masih ada sekitar delapan partai lagi yang belum mendaftarkan bacaleg nya ke KPU Kota Depok. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here