Maling di Rumah Kos Mahasiswa Korea Ditangkap

119
Inilah tiga pelaku pencurian di rumah kos mahasiswa UI berkewarganegaraan Korea

Beji | jurnaldepok.id
Tiga pemuda yang bekerja di rumah kos di Kondokos RW 02/02 Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, diamankan petugas karena mencuri harta majikannya seorang mahasiswa UI yang berkewenagaraan Korea.

Wakil Kapolresta Depok, AKBP Arif Budiman didampingi Kapolsek Beji, Kompol Yeni Anggraeni Sihombing, Sabtu (14/7) mengatakan penangkapan tiga pelaku ini berawal dari adanya laporan kehilangan berupa benda dan uang atas nama korban atas nama Ryu Seong Hun dengan jumlah total kerugian sekira Rp 13 juta.

Pelakunya diketahui tiga orang yakni MI, R dan AA. Aksi pencurian ini diduga sudah direncanakan. Otak dari pencurian ini adalah R.

Dia sudah bekerja dua tahun di rumah kos tersebut dan bisa mengakses kamar untuk membersihkan kamar.

Terungkapnya pencurian ini bermula dari adanya keluhan dari beberapa orang mahasiswa asal Korea yang kehilangan uang selama beberapa hari.
Keluhan tersebut ditindak lanjuti dengan memasang kamera tersembunyi.

“Dari situlah didapat gambar pelaku sedang melaksanakan aksi pencurian yang selanjutnya di tindak lanjuti dengan melaporkan kejadian tersebut ke pihak pengamanan dalam kampus (security) yang di teruskan ke pihak Polsek Beji,”katanya.

Ketiganya adalah bekerja sebagai OB di tempat Kos tersebut. Sehingga mereka dengan mudah masuk ke area kamar penghuni. Karena pekerjaannya itu maka mereka bisa leluasa masuk ke tiap kamar. Disaat penghuni tidak dalam kamar kosnya.

“Disaat itulah pelaku mengambil uang yang ada di kamar kos korban. Dari tangan pelaku diamankan sejumlah barang bukti berupa 58 lembar uang pechan Rp 50.000, 4 lembar uang pecahan Rp 100.000,” paparnya.

Kemudian ada pula uang asing yaitu satu lembar pecahan 10 dollar, satu lembar pecahan mata uang korea senilai 50.000 wom, satu lembar pecahan mata uang korea senilai 5.000 wom serta keping logam korea senilai 200.

“Kami sita juga tiga unit ponsel diduga milik pelaku. Uang hasil kejahatan dipakai untuk beli ponsel dan makanan,” tambahnya.

Ketiga pelaku pun diamankan di Polresta Depok. Mereka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara.

“Masih kami dalami lagi apakah ada korban lain atau apakah ada aksi lain yang dilakukan. Kalau pengakunnya baru sekali, tapi masih kami terus dalami,” pungkasnya. n Fx-Ktr

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here