Dicari Komisioner KPU

394
Nana Shobarna

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok hari ini, Rabu (4/7) mulai membuka pendaftaran calon komisioner KPU Kota Depok untuk masa bakti 2018-2023.

“Untuk pendaftaran calon anggota KPU kabupaten/kota dibuka mulai 4-12 Juli. Kota Depok termasuk salah satu kabupaten/kota akan dilaksanakan seleksi calon anggota KPU pada tahap lima. Maksudnya proses rekrutmen dari KPU RI sudah bertahap-tahap dan Depok masuk tahap yang ke lima,” ujar Nana Shobarna, Komisoner KPU Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Kota Depok, Selasa (3/7).

Setelah pendaftaran dari 4-12 Juli, kata dia, akan ada tanggapan masyarakat terhadap para calon mulai 4 Juli sampai 29 Agustus. Setelah tujuh hari dilakukan pendaftaran, kemudian akan dilakukan penelitian admistrasi mulai 5-17 Juli 2018.

“Kemudian tim seleksi akan melakukan penetapan calon yang lulus admistrasi pada tanggal 18 Juli. Di tanggal 19-23 Juli baru diumumkan yang lulus admistrasi. Pada 24-25 Juli tes tertulis dan pengumumannya,” paparnya.

Para calon komisioner KPU nantinya akan mengikuti beberapa tes seperti kesehatan, psikologi, narkoba dan wawancara.

“Pengumuman calon anggota KPU kabupaten/kota dilakukan pada 27-29 Agustus. Di tanggal tersebut akan terpilih 10 besar yang selanjutnya akan dilakukan fit and proper test oleh KPU RI. Nantinya, KPU RI lah yang akan mengumumkan siapa lima orang komisioner KPU Kota Depok yang terpilih untuk masa bakti 2018-2023,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa masa bakti komisioner KPU saat ini akan berakhir pada 3 Oktober 2018.

Dijelaskannya, sesuai dengan peraturan KPU jumlah pendaftar untuk calon komisioner KPU kabupaten/kota maksimal yang diterima untuk lulus admistrasi 40 orang.

“Berapapun yang mendaftar akan disaring lagi menjadi 40 orang, yang kemudian 40 orang itu akan mengikuti tes tertulis, psikotes dan lainnya. Setiap tahapan tes pasti akan ada yang gugur, sampai pada Agustus nanti tersaring 10 orang,” jelasnya.

Dikatakannya, pendaftaran calon anggota atau komisioner KPU Kota Depok terbuka untuk masyarakat umum.

“Mekanisme pendaftaran silahkan dilihat di website resmi KPU Jawa Barat. Di sana ada terkait dengan pengumuman, persyaratan, formulir, lamaran diantar ke mana dan mekanismenya seperti apa, ada semua di sana,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here