Tidak Ada Pemungutan Suara Ulang

133
ilustrasi

Margonda | jurnaldepok.id
Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bandung mengklarifikasi kabar terkait akan adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Bandung. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat.

“Info dari Bawaslu kabar adanya PSU sudah diralat oleh Panwas setelah adanya pendalaman oleh mereka,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan dari 75 ribu TPS di Jawa Barat, seluruh pelaksanaannya lancar dan tidak ada yang di PSU.

“Tidak ada PSU di 2 TPS di Kabupaten Bandung. Di Jawa Barat tidak ada PSU baik pilgub maupun pilwalkot,” ungkapnya.

Ia memaparkan ralat yang dilakukan Panwascam setempat itu dilaksanakan setelah adanya pengkajian yang mendalam oleh mereka.

” Panwas telah mengkaji ulang dan menemukan fakta baru, makannya ada ralat,” ucapnya.

Komisioner KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq mengatakan jika terdapat kesalahan dari panwascam setempat yang menyebutkan terdapat dua pemilih yang menggunakan hak pilihnya tanpa persyaratan yang ada.

“Setelah dicek, yang tadinya katanya tidak terdaftar, ada di DPS wilayah tersebut,” tambahnya.

Sebelumnya, Panwaslu Kabupaten Bandung telah merekomendasikan untuk mengadakan PSU di dua wilayah di Kabupaten Bandung. Hal ini tentunya menjadi catatan tersendiri bagi Jawa Barat yang sebelumnya dinyatakan bersih dari PSU.

Anggota, Panwaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia menuturkan, TPS yang mendapat rekomendasi untuk PSU adalah TPS 19 Desa Sindangpanon, Kecamatan Banjaran dan TPS 03 Desa Cingcin, Kecamatan Soreang.

“TPS 19 Sindangpanon sudah direkomendasikan, kalau TPS 03 Cingcin nanti malam paling lambat akan kami kirimkan rekomendasi PSU-nya kepada KPU Kabupaten Bandung,” kata Hedi.

Hedi mengungkapkan rekomendasi PSU diberikan karena adanya dua warga yang diperbolehkan mencoblos tanpa memenuhi syarat. “Ada warga Majalengka dan Ponorogo yang diperbolehkan mencoblos di TPS tersebut,” pungkasnya.nNur Komalasari

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here