Partisipasi Pilgub Naik 19,7 Persen

164
Petugas KPPS, lurah beserta Direktur RSUD saat menjemput bola kepada pasien yang dirawat di RSUD Kota Depok untuk menggunakan hak pilihnya

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Titik Nurhayati mengatakan jika partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di Kota Depok pada tahun ini mengalami peningkatan.

“Partisipasi masyarakat Depok dalam memilih naik kira-kira 14.6 persen dari Pilkada 2015, dan naik 19.7 persen jika dibandingkan partisipasi Pilgub Jabar 2013. Pilgub Jabar tahun ini persentase sementara lebih dari 70 persen, angka itu masih kemungkinan terus naik,” ujar Titik, Kamis (28/6).

Ia menambahkan, partisipasi yang baik dimulai dari kualitas data pemilih. Dengan KTP elektronik dan sinkronisasi pada Pemilu atau Pilkasa Terakhir, telah membantu menyaring dan mengawinkan data yang mendekati aktualnya.

“Terimakasih kepada semua pihak, terutama warga Depok yang telah meningkatkan gerakan sadar pemilihan, untuk menggunakan hak konstitusionalnya memilih pemimpin Jabar pada 27 Juni 2018,” paparnya.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menargetkan angka partisipasi pada Pilgub dan Pilpres mendatang bisa mencapai 80 persen. Sebelumnya pada Pilkada 2015 lalu angka partisipasi Depok hanya mencapai 56,9 persen.

Sementara itu Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat mengungkapkan presentase pemilih muda berjumlah lebih dari 50 persen.

“Harapan terhadap pemilih muda begitu tinggi karena jumlahnya lebih dari 50 persen dari total pemilih. Meski sebagian kaum muda kecewa dengan kondisi politik nasional dan regional, namun kekecewaan tidak akan mengubah apapun tanpa partisipasi kaum muda,” tandasnya.

Dirinya menyebutkan, reformasi Indonesia yang disuarakan 20 tahun lalu hingga kini dinilai masih belum memuaskan. Ia menambahkan gerakan sosial itu semula diharapkan mampu memperbaiki kehidupan kebangsaan dan kenegaraan ke arah yang lebih baik. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here