TPS 09 Sawangan Terasa Khas Sundanya

275
Walikota Depok foto bersama dengan PPK dan KPPS 09 Kelurahan Sawangan

Laporan: Rahmat Tarmuji
Tempat Pemungutan Suara (TPS) 09 yang berada di halaman Masjid Ibadurrahman Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, menjadi salah satu TPS yang direkomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok untuk ikut kontes dalam lomba TPS se Jawa Barat.

TPS 09 yang memiliki jumlah pemilih kurang lebih 300 orang, menjadi TPS yang tercantik di wilayah Kecamatan Sawangan.

“Ini merupakan program KPU Jabar yang mengikutsertakan dua TPS per kabupaten/kota. Di Depok ini ada dua TPS yang mewakili Kota Depok ke tingkat provinsi, satu lagi ada di wilayah Pancoran Mas,” ujar Matobi, Ketua PPK Sawangan, kemarin.

Ia menambahkan, ditunjukknya TPS di wilayah Sawangan untuk mewakili Depok ke Jabar tak lain dari tingkat partisipasi pemilih yang pada pilkada 2015 lalu cukup signifikan.

Dikatakannya, konsep yang disajikan di TPS 09 layaknya seperti warga yang tengah hajatan dengan kesenian khas Sunda.

“Kami sajikan alat musik degung dan kesenian Lengser, serta pakaian yang digunakan petugas KPPS seluruhnya khas Sunda,” paparnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan satu unit Bajaj untuk menjemput pemilih yang telah lanjut lansia dan penyandang disabilitas.

Hingga pukul 11.30 siang kemarin, jumlah pemilih di TPS tersebut telah mencapai 99 persen.

Walikota Depok, Mohammad Idris yang meninjau langsung TPS itu mengapresiasi panitia yang telah menampilkan karya terbaiknya.

“Memang sejatinya dapat dilibatkan seluruh masyarakat yang kompeten untuk mengikuti lomba ini agar bisa kompetitif dengan wilayah lain. Kami menerima laporan beberapa TPS di Jabar memang antik-antik,” ungkapnya.

Dikatakannya, ada sesuatu yang unik di TPS 09. Di mana TPS tersebut bisa menampilkan anak-anak yang mahir main Degung.

“Jarang-jarang anak muda yang bisa main Degung. Begitu pun dengan adanya bilik suara khusus penyandang disabilitas dan lansia. Sehingga tidak ada alasan untuk mereka untuk tidak menggunakan hak pilihnya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Idris didampingi Camat Sawangan, Lurah Sawangan, LPM, Babinkamtibmas dan Babinsa Sawangan. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here