Pendaftaran Caleg 4 Juli

293

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok bakal membuka pendaftaran Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) Kota Depok pada 4 Juli sampai 17 Juli 2018.

“Sebelum masuk pada 4 Juli itu, diberikan waktu 30 hari dari saat ini untuk menginput dan upload berkas-berkas melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon,red). Pengisian bisa sampai akhir 17 Juli, mulai 4 Juli penyerahan berkas pendaftaran ke KPU Depok,” ujar Nurhadi, Komisioner KPU kepada Jurnal Depok, Selasa (5/6).

Ia menjelaskan, partai politik harus menyiapkan satu orang oprator Silon. Nantinya, operator tersebut yang menginput data-data dari BCAD. Dengan begitu, yang komunikasi dengan KPU adalah partai nya bukan calon nya.

Dikatakannya, KPU tidak akan menerima berkas BCAD lewat dari tanggal 17 Juli 2018. Dengan begitu, jika berkas diserahkan lewat dari tanggal tersebut posisi BCAD akan terancam tidak bisa mengikuti proses pencalonan.

“Berkas harus diserahkan di awal, jangan di akhir. Karena kalau ada kekurang berkas bisa dilengkapi di waktu yang maksimal. Kalau ada yang kurang berkasnya lewat dari tanggal 17 Juli, kami tidak terima dan akan kami kembalikan. KPU tidak menerima penitipan berkas BCAD,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan ada dua mekanisme yang harus ditempuh yakni persyaratan pencalonan dan persyaratan calon.

“Pencalonan lebih kepada tanggungjawab partai seperti halnya surat pernyataan partai, nanti ada formulirnya. Persyaratan calon berupa berkas calon seperti STTB, ijazah dan lainnya. KPU tahunya yang mengurus itu partai, KPU tidak berhubungan dengan bakal calonnya,” katanya.

Untuk mengupload data dan berkas BCAD ke Silon, pihak KPU menyatakan kesiapannya untuk mendampingi para partai politik melakukan hal tersebut.

Hal tersebut terungkap pada saat sosialisasi pendaftaran Bakal Calon Anggota Dewan di salah satu hotel di Depok. Hadir dalam acara itu Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Endun Abdul Haq dan Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here