KPU Persiapkan Logistik

218
Komisioner KPU Kota Depok Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, Nana Shobarna (tengah) saat melakukan sosialisasi terkait persiapan logistik

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok terus mempersiapkan kelengkapan pesta demokrasi yakni pemilihan gubernur-wakil gubernur Jawa Barat. Pasalnya, sisa waktu yang dimiliki KPU kurang dari 30 hari jelang pemungutan suara di TPS yakni pada 27 Juni 2018.

Atas dasar itu, KPU Kota Depok terus melakukan persiapan terkait Pengelolaan dan Pendistribusian Logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018.

“Waktu yang terus berlalu tanpa terasa saat ini kita sudah memasuki tahapan yang penting, yaitu tahapan logistik. Tahapan logistik adalah menjadi bagian tahapan yang penting dan krusial karena memiliki makna dan peran yang luar biasa,” ujar Nana Shobarna, Komisioner KPU Kota Depok Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, Rabu (30/5).

Ia menambahkan, pemilihan kepala daerah dalam hal ini pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, sejatinya adalah konversi suara menjadi kursi, dan mekanisme itu melalui logistik.

“Karena logistik menjadi bagian yang penting, maka perlu dipersiapkan dan dilakukan perencanaan yang baik dan optimal mulai dari perencanaan, pengadaan, pengesetan, pengepakan, pengelolaan, pendistribusian sampai dengan pengembalian ke gudang harus dilakukan secara maksimal,” paparnya.

Terkait persiapan pengadaan dan pendistribusian logistik, KPU Kota Depok belum lama ini telah melaksanakan Rapat Kerja terhadap Anggota PPK dan PPS yang membidangi logistik, dan tidak hanya itu rakor-rakor dengan PPK secara intensif terus dilakukan.

Adapun terkait dengan item-item pengadaan yang dilakukan oleh KPU Kota Depok diantaranya Form.Model C6-KWK (Surat Pemberitahuan), Form.A3-KWK (DPT), Form.A4-KWK (Daftar Pemilih Pindahan), Form.A.Tb-KWK (Daftar Pemilih Tambahan), Model C7-KWK (Daftar Hadir), Tanda Pengenal KPPS dan Saksi, serta Alat Coblos dan kelengkapannya.

“Hanya item-item diatas itulah yang diadakan di tingkatan KPU Kota Depok, selebihnya diadakan di KPU Provinsi Jawa Barat seperti surat suara, segel, hologram, formulir-formulir, sampul dan lain-lain,” ungkapnya.

Dikatakannya, perlu diperhatikan bahwa spirit dalam pengelolaan logistik perlengkapan pemungutan suara dan perlengkapan lainnya harus tepat jenis, tepat waktu, tepat jumlah dan tepat sasaran. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here