Disdukcapil Terbitkan 3.157 Suket

148
HM Munir

Margonda | jurnaldepok.id
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok menerbitkan 3.157 surat keterangan (suket). Suket tersebut nantinya digunakan warga pada saat pencoblosan pemilihan gubernur Jawa Barat, namun mereka belum memiliki KTP Elektronik (e-KTP).

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir menuturkan jumlah suket yang diterbitkan berdasarkan jumlah warga yang belum masuk di dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok. Dari total 1.155.477 DPT, masih tersisa 3.500 warga yang belum masuk dalam DPT karena belum memiliki e-KTP.

“Setelah diverifikasi ulang hanya tersisa 3.157 warga yang belum memiliki e-KTP atau suket dan hanya bisa digunakan untuk Pilgub, tidak bisa dipakai untuk keperluan lain, ” ungkapnya.

Ia menambahkan untuk mengantisipasi pemalsuan suket, maka suket yang akan diberikan dilengkapi dengan pengaman.

“Suket yang diterbitkan ini suket model baru karena ada pengamanan tersendiri berupa barcode. Barcode itu tidak bisa dipalsukan karena berisi data,” ucapnya.

Ia mengimbau kepada warga Kota Depok yang telah memiliki hak pilih namun belum melakukan perekaman e-KTP agar segera merekam. Hal ini dikarenakan salah satu syarat bagi pemilih pada Pilgub harus memiliki e-KTP atau suket.

“Diharapkan warga yang belum lakukan perekaman segera datang ke kelurahan, nggak perlu datang ke dinas,”tutupnya.nNur Komalasari

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here