Depok Dilanda Banjir & Longsor

478
Salah seorang pengendara sepeda motor terpaksa harus putar balik lantaran banjir yang merendam Jalan Raya Sawangan tepat di depat DTC Depok

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Hujan deras yang terjadi selama kurang lebih 3 jam pada, Sabtu (19/5) sore hingga malam membuat beberapa titik wilayah di Depok terendam banjir. Tak hanya di pemukiman warga, banjir juga merendam beberapa ruas jalan di Kota Depok.

“Ada beberapa titik di Margonda yang sempat mengalami genangan, disamping hujan yang intensitasnya tinggi juga disebabkan tersumbatnya tali-tali air dan sampah yang memenuhi drainase atau saluran air,” ujar Manto Djorghi, Kepala Dinas PUPR kepada Jurnal Depok, Minggu (20/5).

Atas peristiwa itu, pihaknya langsung mengambil langkah dengan cara melakukan normalisasi drainase yang tersumbat, dan selanjutnya akan dilakukan perbaikan drainase yang cover box nya jebol via kegiatan pemeliharaan.

“Sedangkan kali-kali yang meluap lebih kepada sumbatan sampah dan pendangkalan, ada beberapa warga yang sebagian rumahnya berdiri diatas saluran air sehingga menghambat laju arus air,” paparnya.

Selain itu, sambungnya, dalam waktu yang bersamaan juga ada beberapa lokasi yang longsor.

“Kami telah turunkan Satgas untuk membantu warga melakukan penanganan sementara,” terangnya.

Dirinya mencatat ada beberapa titik genangan dan air meluap di antaranya Jalan Margonda Raya, depan SPBU kel. Pondok Cina, Margonda Raya depan Mitra 10 kel. Kemirimuka, Perum. ANRI RT. 03/15 kel. Mampang, Fly over Jl. Arif Rahman Hakim kel. Depok Jaya, Jl. Ridwan Rais depan bekas agung shop kel. Beji, Perum. Tirta Mandala kel. Sukamaju kec. Cilodong.

Sementara itu lokasi longsor terjadi di RT. 04/06 kel. Bojong Pondok Terong kec. Cipayung, Masjid Hidayatullah samping stadion merpati RW. 12 kel. Depok Jaya, RT. 03/13 kel. Rangkapan Jaya kec. Pancoran Mas.

“Kami juga turunkan Satgas untuk melakukan rehabilitasi pasca banjir dan longsor di Pondok Terong Rt 04 Rw 06, Kali Cabang Barat Grogol dan Komplek Arsip Mampang,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here