Gegara Kaos, Debat Cagub Berakhir Ricuh

363
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Sudrajat saat menyampaikan program kerjanya ketika terpilih nanti

Margonda | jurnaldepok.id
Debat publik calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat digelar untuk kedua kalinya. Kali ini lokasi yang dipilih adalah Balairung Universitas Indonesia. Sebelumnya debat digelar di Gedung Saboga Bandung beberapa waktu lalu.

Semula debat hingga beberapa segmen berjalan lancar. Namun ketika closeing steatmen dari masing-masing cagub, debat menjadi panas. Terlebih ketika pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) menunjukkan kaos yang bertuliskan 2018 Asyik Menang 2019 Ganti Presiden.

“Saudara-saudaraku pilihlah nomor tiga Asyik, kalau Asyik menang Insha Allah 2019 kita akan mengganti presiden,” ungkapnya diiringi dengan menunjukkan kaos yang bertuliskan 2018 Asyik Menang 2019 Ganti Presiden oleh Syaikhu.

Sontak beberapa pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur lainnya tidak terima dengan kaos yang ditunjukkan pasangan Asyik tersebut, sehingga membuat kericuhan di dalam Gedung Balairung Universitas Indonesia.

Pemandu acara Alfito Daenova sempat beberapa kali meminta kepada pendukung pasangan calon untuk tenang agar acara bisa dilanjutkan, karena masih ada satu pasangan nomor 4 yakni Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang belum melakukan closeing steatmen.

“Harap semua tenang dulu, apakah kita mau mengakhiri debat dengan cara seperti ini. Sekali lagi saya mau tanya apakah kita mau akhiri debat dengan cara seperti ini,” ujar Alfito.

Rupanya imbauan Alfito tidak dihiraukan dan massa pendukung pasangan calon terus berteriak keras dan lantang.

Pada akhirnya Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Yayat Hidayat naik ke atas panggung dan menenangkan pendukung pasangan calon yang merasa tidak puas dengan kondisi tersebut.

“Jika ada yang dipersoalkan, nanti kita selesaikan di luar forum ini. Kita punya Bawaslu nanti kita bisa selesaikan dengan baik, oke ya. Tolong kepada masing-masing pasangan tim kampanye untuk bisa menahan diri, nanti kita selesaikan ke jalur yang benar,” ungkapnya.

Sementara itu, pasangan nomor dua yakni TB Hasanuddin-Anton Charliyan meyerukan kepada pendukungnya untuk tetap tenang.

“Saudara-saudara walaupun ini bukan forum capres, tapi ini saudara tetap tenang. Ini forum pemilihan calon gubernur belum masuk kepada capres. Jadi mohon saudara tenang, tenang, tenang, sudah tenang, kita selesaikan nanti. Jangan terpancing,” tegasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here