87% Warga Jabar Tahu Ada Pilgub

179

Margonda | jurnaldepok.id
KPU Jawa Barat mengklaim jika hingga saat ini, 87 persen warga Jawa Barat telah mengetahui adanya Pilkada serentak di Jawa Barat. Sedangkan sebanyak 13 persen warga yang belum mengetahui, kata Komisioner KPU Jawa Barat, Nina Yuningsih masih terus digenjot untuk dapat secara pasti mengetahui hajatan tahunan tersebut.

“Menurut hasil sebuah penelitian, sebanyak 87 persen penduduk Jawa Barat sudah mengetahui agenda Pilgub Jabar 27 Juni mendatang. Di sisa waktu menjelang hari pemungutan suara, kami masih mengejar sisa lainnya agar seluruh warga Jawa Barat mengetahui pesta demokrasi ini,” terangnya.

Menurutnya tahu saja tidak cukup, para pemilih yang telah mengetahui perlu dibekali wawasan kepemiluan agar bisa memilih dengan kesadaran dan tanggung jawab.

“Jika pemilih sudah memahami haknya, maka yang dituntut selanjutnya adalah berpartisipasi dalam pemilu,” katanya.

Hal Itu pula yang menjadi alasan, pihaknya melakukan sosialisasi besar-besaran terhadap semua kelompok masyarakat termasuk pemilih pemula. Salah satu upaya ke arah itu menjalin kerjasama dengan CEPP (Center for Election and Political Party) Universiatas Indonesia yang kemudian menggandeng 30 perguruan tinggi di Jawa Barat.

“Kerjasama ini bukan sekedar sosialisasi, tetapi juga pendidikan politik dan pendidikan pemilih,” ucapnya.

Dengan presentase warga yang telah mengetahui pilkada mencapai 87 persen, pihaknya yakin, jika targetan pemilih sebesar 77 persen dapat diraih. Sebagaimana telah diketahui Datar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Jawa Barat berjumlah 31.730.042 jiwa. Data itu berkurang dari penetapan daftar pemilih sebelumnya yang sejumlah 31,735,133 pemilih atau berkurang 5,09. Komisioner KPU Jawa Barat, Ferdhiman Bariguna menyatakan, perubahan jumlah DPT setelah penetapan karena beberapa daerah secara cermat memperbaiki hasil DPT-nya.

“Perubahan terjadi di Kota Bekasi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur dan wilayah lainnya. Kami yakin data semakin akurat,” katanya.

Sebelumnya, perwakilan CEPP Reni Suwarso menjelaskan lembaganya bertugas memperkenalkan sebuah gerakan independen dan non-partisan untuk menyukseskan Pilgub Jabar 2018. “Upaya ini diharapkan meningkatkan partisipasi pemilih pemula dan pilihan mereka memberi kebaikan,” tandasnya.nNur Komalasari

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here