Bangun Kebersamaan

110
Ormas dan LSM foto bersama dengan Kepala Kesbangpol usai melakukan kegiatan di wilayah Anyer

Laporan: Rahmat Tarmuji
Untuk mempererat tali silaturahmi antar organisasi masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Pemerintah Kota Depok melalui Kantor Kesbangpol menggelar Jambore Ormas dan LSM.

Kegiatan yang digelar pada tanggal 3 dan 4 Mei 2018, di Hotel Nuasa Bali Pantai Anyer Banten, dihadiri kurang lebih 80 peserta.

Ketua LSM Kapok, Kasno mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Depok khususnya kepada Walikota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna beserta jajaranya dalam hal ini Kepala Kantor Kesbangpol dibawah kepemimpinan, N Linda Ratnanurdianny beserta panitia pelaksana Jambore Ormas dan LSM Kota Depok 2018.

“Tak lupa juga kami ucapakan terima kasih kepada Pak Dadang Wihana mantan Kepala Kantor Kesbangpol yang telah berjuang mengusulkan anggaran kegiatan Jambore Ormas atau LSM di tahun 2018 ini, dan ucapan terima kasih kami kepada Ketua DPRD Kota Depok, Bang Hendrik Tangke Allo beserta jajaranya dalam hal ini Badan Anggaran yang sudah berkenan merealisasikan anggaran khusunya untuk kegiatan Jambore Ormas dan LSM Kota Depok 2018,” uajarnya, kemarin.

Sehingga, kata dia, program Kesbangpol Kota Depok khusunya untuk mengadakan acara Jambore Ormas atau LSM Kota Depok tahun 2018 dapat terlaksana dan berjalan tanpa hambatan.

Acara Jambore Ormas atau LSM tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Organisasi Masyarakat Direktorat Jenderal Politik dan Hukum (Ditjen Polpum Kemendagri), Laode Ahmad P. Balombo Ernawati Septiningtyas dari Kepala Seksi Pengadaan LKPP sebagai nara sumber, sekaligus untuk memberikan materi terkait dengan;

“Dengan kata lain, Ormas atau LSM yang memiliki legalitas hukum formal atau yang berbadan hukum dapat berperan serta dan berpartisipasi untuk dilibatkan mengelola kegiatan yang berasal dari APBN maupun APBD di daerahnya masing-masing, dengan catatan sesuai dengan ketrampilan dan kemampuan serta kapasitas Ormas atau LSM itu sendiri,” paparnya.

Kegiatan tersebut, kata dia, mendapat sambutan dan antusias yang sangat luar biasa dari para peserta Jambore Ormas dan LSM yang hadir. Koordinator LSM KAPOK dan LSM STN Kota Depok sebagai peserta Jambore Ormas atau LSM 2018 mengharapkan kepada Pemerintah Kota Depok dapat melaksanakan dan menjalankan Peraturan Presiden RI Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan maupun perundang undangan yang berlaku di NKRI.

“Sekaligus kami dari LSM KAPOK menghimbau kepada rekan-rekan aktifis khusunya yang belum memiliki legalitas hukum formal atau yang belum berbadan hukum, alangkah baiknya untuk segera memiliki legalitas hukum formal/berbadan hukum. Dengan harapan kita sebagai Ormas atau LSM dapat berperan serta untuk membangun Kota Depok yang kita cintai ini, dan bukan sebaliknya seperti tamu di rumah sendiri, hanya berteriak-teriak kritis tapi tak mampu menempatkan diri sebagai penyeimbang kebijakan regulasi birokrasi pemerintahan Kota Depok yang ada saat ini,” katanya.

Dirinya juga berharap baik kepada eksekutif dan legislatif agar di tahun 2018 ini untuk segera merealisasikan Kantor Kesabangpol menjadikan Badan Kesbangpol.

“Sekaligus menambah anggaran kegiatan Jambore Ormas atau LSM satu tahun sekali menjadi dua kali dalam satu tahun dimulai dari ABT tahun 2018 maupun ditahun-tahun brikutnya,” pungkasnya. n

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here