Proyek APBD Harus Dimulai Awal Tahun

139
Anggota Komisi C DPRD Depok, Veronica Winwin saat menyampaikan program kerja dalam paripurna pembukaan masa sidang III

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Ketua Komisi C DPRD Depok, Mazhab HM meminta kepada Pemerintah Kota Depok untuk melaksanakan proyek yang dibiayai APBD di awal tahun. Hal itu tak lain untuk menghindari gagal lelang dan terjadinya cut off terhadap pengerjaan proyek.

“OPD yang menjadi leading sektor kami harus segera menjalankan tugasnya agar tidak terjadi lagi penumpukkan anggaran di akhir tahun. Empat OPD yang berada di leading sektor kami di antaranya Disrumkim, PUPR dan DKLH, kami akan panggil mereka untuk mempercepat progress pekerjaan,” ujar Mazhab kepada Jurnal Depok, Rabu (2/5).

Ia menambahkan, masing-masing OPD harus memaksimalkan penyerapan anggaran. Dikatakannya, pengalaman yang sudah-sudah bahwasanya lelang dilakukan di akhir tahun sehingga menumpuk.

“Jangankan lelang, PL pun menumpuk di akhir tahun. Sementara lelang itu resiko gagalnya harus diantisipasi. Ketika lelang diawal tahun dan terjadi gagal, kan masih ada waktu untuk dilelang kembali. Tapi kalau lelang dilakukan Juni, kecil kemungkinan lelang berhasil,” paparnya.

Politisi PPP itu menjelaskan, sesungguhnya proyek APBD bisa berjalan di bulan Maret. Pasalnya, kata dia, pihaknya telah menganggarkan untuk DED di tahun anggaran sebelumnya.

Hal tersebut dikatakan Mazhab di sela-sela Rapat Paripurna DPRD Kota Depok yang beragendakan pembukaan masa sidang ke III.

Sementara itu Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Kota Depok, juga telah merancang beberapa program kerja ke depan.

“Dalam paripurna ini kami sampaikan juga terkait kehadiran anggota di dalam rapat-rapat, kunjungan kerja antar daerah atau antar pulau. Yang terpenting adalah bagaimana kehadiran rapat pimpinan, komisi, badan dan kelengkapan lainnya,” tukasnya.

Dirinya telah membuat laporan terkait prosentase kehadiran di akhir masa sidang lalu. Pihaknya juga membuat grafik kehadiran bagi 50 anggota dewan.

“Mana yang kurang dan rajin bisa dilihat dari grafiknya. Itu sudah kami laporkan ke pimpinan DPRD dan kami tembuskan juga ke pimpinan fraksi-fraksi. Kami juga melayangkan surat ke fraksi-fraksi untuk menginstruksikan anggotanya agar tidak melalaikan tugasnya,” katanya.

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Depok, HM Supariyono juga dihadiri Wakil Walikota Depok, Forkopimda dan OPD. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here