Lomba Cuci Tangan

183
Salah satu group peserta lomba cuci tangan sedang beraksi di atas panggung

Laporan: Nur Komalasari
Sebagai upaya mensosialisasikan budaya hidup sehat kepada masyarakat melalui gerakan cuci tangan, RSUD menggelar lomba cuci tangan. Lomba tersebut diikuti 14 fasilitas kesehatan yang ada di Depok meliputi rumah sakit, UPT Puskesmas dan akademisi.

Direktur RSUD, Asloeah Madjri mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka menyambut HUT Kota Depok yang ke 19 dan RSUD yang ke 10.

“Kegiatan ini rutin dilakukan. Ini adalah kali kedua digelar. Dalam rangka merebut piala Walikota karena tingkatannya diikuti fasilitas kesehatan yang ada di Depok. Ini pun ada filosofinya. Ini kan cuci tangan untuk menurunkan angka kesakitan atau infeksi tapi dikemas dengan seni. Jadi disinergikan antara kebiasaan baik dengan seni,” katanya kemarin.

Dirinya menuturkan menurut WHO ada tujuh langkah menurut WHO aturan cuci tangan yang benar. Antara lain yang pertama basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut. Langkah kedua usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bersih. Yang ketiga jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih. Keempat, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan.

Kemudian yang kelima, gosok dan putar kedua ibu jari secara berperlahan. Keenam letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Ketujuh bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

Ia menambahkan tujuan dilakukan sosialisasi langkah mencuci tangan yang benar adalah untuk menurunkan angka kesakitan, infeksi, bahkan angka kematian.

“Mencegah infeksi yang menular. Saat mencuci tangan harus bersih ketika memberikan pelayanan kepada masyarakat, intinya agar pasien safety,” tambahnya.

Kegiatan tersebut, lanjutnya juga merupakan salah satu CSR (Corporate Social Responsibility) RSUD. “Ini juga bagian dari CSR kami, dan terus berupaya memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat Depok,” tandasnya.nNur Komalasari

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here