HTA: Bertarunglah Secara Terhormat

198
Hendrik Tangke Allo

Margonda | jurnaldepok.id
Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo atau yang biasa disapa HTA menilai Depok dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mencapai 1,1 juta pemilih, menjadi rebutan antar pasangan calon Gubernur dan Wakil Jawa Barat. Dirinya berharap untuk mendapatkan hati pemilih, para paslon diharapkan melakukan sosialisasi dengan cara bermartabat.

“Depok dengan jumlah DPT 1,1 juta jiwa tentu menjadi rebutan paslon cagub dan cawagub Jawa Barat. Hal ini lantaran Depok menjadi salah satu penyumbang suara yang cukup besar,” ujar HTA, Senin (23/4).

Ia menjelaskan untuk dapat memenangkan hati para pemilih, diharapkan ke empat paslon calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, dalam bersosialisasi tidak menggunakan isu SARA.

“Lakukan sosialisasi dengan cara terhormat. Jangan menggunakan isu SARA untuk memecah belah bangsa, atau isu yang bisa menjadi provokatif lainnya,” jelasnya.

Terkait data pemilih yang belum masuk, ia akan memerintahkan komisi A agar dapat berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta KPU Kota Depok.

“Bagi masyarakat yang belum memiliki eKTP semoga bisa menggunakan suket (Surat keterangan). Bicara hak pilih ini merupakan hak dasar sebagai warga negara. Ketika dia diakui sebagai warga negara maka punya kewajiban dan hak sebagai pemilih dan dipilih,” terang HTA.

Ketua DPC PDIP Kota Depok itu pun berharap pemilihan gubernur Jawa Barat yang dilakukan pada 27 Juni mendatang dapat berjalan lancar.

“Semoga pilgub nanti bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya. Mari kita laksanakan proses demokrasi dengan bermartabat dan masyarakat bisa mengikuti dengan baik tanpa ada ekses yang ditimbulkan,” tutupnya.

Sebelumnya tercatat jumlah pemilih pada Pilgub Jabar 2018 yang tercatat dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) mencapai 31.735.133 orang. Jumlah tersebut termasuk 51.514 penyandang disabilitas. Data itu merupakan hasil penghitungan KPU Jawa Barat pada Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT pada Pilgub Jabar 2018.

DPT tersebut rencananya diumumkan 29 April 2018 mendatang. Para pemilih terdiri atas 15.948.112 pemilih laki-laki dan 15.787.021 pemilih perempuan. Mereka tersebar di 627 kecamatan, 5.957 desa/kelurahan, dan akan memilih di 74.944 TPS.nNur Komalasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here