eventHeadline

Fatayat NU Gelar Festival Barzanji

Laporan: Rahmat Tarmuji
Pengurus Cabang Fatayat NU Kota Depok menggelar Festival Barzanji. Sedikitnya 25 peserta dari perwakilan Majelis Taklim dan kecamatan yang ikut memeriahkan acara dalam rangka memperingati Harlah Fatayat NU ke-68 yang mengangkat tema ‘Penguatan Peran Perempuan yang Moderat dan Berkeadilan’.

“Festival Barzanji se-Kota Depok ini digelar dalam rangka menyambut Harlah Fatayat NU yang jatuh pada 24 April. Alhamdulillah, antusias masyarakat luar biasa. Terutama, pada generasi muda yang melestarikan tradisi bacaan sholawat Nabi Muhammad SAW,” terang Ketua Fatayat NU Kota Depok, Hj Yuminah di Ponpes As-Sa’adah, Bojong Pondok Terong, Cipayung.

Menurutnya, Festival Barzanji tersebut merupakan agenda rutin yang diselenggarakan secara roadshow di 11 kecamatan di Depok dan memasuki tahun ke-8. Dikatakannya, Depok kota relijius, dari itu perlu dibudayakan seni budaya Islam dan membumi, karena tradisi keseharian. Dia menambahkan, tema yang diangkat saat ini adalah membumikan shalawat untuk menggapai syafaat.

“Diharapkan, dengan Festival Barzanji ini bisa mencintai Nabi Muhammad SAW dan budayakan sholawat dalam keseharian. Sehingga, ada perubahan prilaku masyarakat dari meneladani Rasulullah,”jelasnya.

Menurutnya, Festival Barzanji ini juga bagian dari melestarikan seni, budaya dan pembinaan Majelis Taklim. Pasalnya, tradisi keseharian yang memiliki makna yang dalam dan keteladanan. Terlebih lagi, Depok Kota religius yang melestarikan dan membumikan nilai-nilai seni maupun budaya Islam.

“Kami berharap ini menjadi agenda rutin Pemkot Depok yang notabene sebagai kota religius,”harapnya.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna sangat antusias dengan acara tersebut. Terlebih lagi, Kota Depok juga sebagai kota religius dan sejuta maulid.

Dalam acara tersebut tampak hadir Pengurus PP Fatayat NU Depok, Marifah Hanif Dakhiri, Disporyata, Polresta Depok, Disdik, GOW Depok, serta bazar yang diikuti 20 stand UKM dan binaan Fatayat NU Depok.

Adapun pemenang Festival Barzanji diantaranya juara I MT Magdalena Cipayung, juara II MT Al-Ikhlas Sawangan, juara III MT As-Saadah Cipayung, MT Fastabikul khoirot,Tapos, MT. Al-Masturiah. junior Cipayung dan MT.Nurul Iman, Bojongsari. Juara umum cipayung yg berhasil mendapatkan piala bergilir dari fatayat NU Depok. n

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button