Tingkatkan Kopetensi Wartawan

97
Walikota Depok saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Uji Kopetensi Wartawan

Laporan: Rahmat Tarmuji
Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XVIII Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, resmi digelar di Gedung Perpustakaan Pemerintah Kota Depok.

Ketua PWI Jawa Barat, Mirza Zulhadi menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Depok yang telah mendukung kegiatan tersebut.

“Terimakasih kepada Pemkot Depok terlebih Pak Walikota yang telah mensupport penuh kegiatan UKW ini. Mudah-mudahan kegiatan UKW berjalan lancar dan peserta lulus semua,” ujar Mirza dalam sambutannya, Rabu (11/4).

Walikota Depok, Mohammad Idris mengajak para jurnalis yang mengikuti UKW terus berprestasi dengan menggunakan pantun.

“Kenapa jauh-jauh ke Belawan beli nasi padahal banyak warung di Menteng Rawa Cilawe, para wartawan yang mau berprestasi ayu ikut nimbrung di UKW,” kata Idris saat membuka kegiatan UKW, kemarin.

Ia mengatakan, profesi jurnalis mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tentunya, kata dia, peningkatan kompetensi bisa membuat kapasitas seorang jurnalis tidak sekedar sebagai profesi.

“Semakin meningkatnya kompetensi wartawan di Kota Depok, semakin banyak manfaat untuk Kota Depok, semakin kompeten, semakin dewasa jurnalis dalam membangun bangsa dan negara,” jelasnya.

Ketua Pelaksana UKW PWI Wilayah Depok, Firtra Ratory mengatakan bahwa kegiatan UKW diikuti sebanyak 47 peserta dari wilayah Jabodetabek dan Jawa.

“Depok baru pertama kali menyelenggarakan ini. Kami juga terus melakukan koordinasi dengan PWI Jabar dikarenakan PWI Jabar juga berkoordinasi dengan PWI Pusat. Ini menjadi program nasional, kami juga mengikuti standar nasional,” ungkapnya.

Dari itu, ia berharap kepada para peserta dapat memanfaatkan kesempatan tersebut.

“UKW ini untuk menguji sejauh mana kopetensi wartawan dibidang jurnalistik, selain itu untuk mendapatkan pengakuan pula dari pemerintah,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here